Pembajakan Kapal Berbendera Indonesia Kembali Terjadi -->

Iklan Semua Halaman

Pembajakan Kapal Berbendera Indonesia Kembali Terjadi

Pulo Lasman Simanjuntak
16 April 2016

Jakarta,Maritim.Com,- Pada Jum'at (15/6/2016) pukul 18.31 telah terjadi pembajakan 2 kapal berbendera Indonesia, yaitu Kapal Tunda TB Henry dan Kapal Tongkang Cristi, di perairan perbatasan Malaysia - Filipina. Kapal tersebut dalam perjalanan kembali dari Cebu, Filipina, menuju Tarakan.

Kapal membawa 10 orang ABK WNI. Dalam peristiwa tersebut 1 orang ABK tertembak, 5 orang selamat dan 4 orang diculik.

Satu ABK yang tertembak sudah diselamatkan oleh polisi maritim Malaysia ke wilayah Malaysia guna mendapatkan perawatan. Informasi terakhir yang  diperoleh meskipun mengalami luka tembak, namun yang bersangkutan dalam kondisi stabil.

Lima ABK lain yang selamat bersama kedua kapal dibawa oleh polisi maritim Malaysia ke Pelabuhan Lahat Datu, Malaysia.

Kementerian Luar Negeri telah berkordinasi langsung dengan manajemen perusahaan untuk mendapatkan informasi mengenai detail peristiwa tersebut.

Saat ini Pemerintah Indonesia juga terus melakukan koordinasi dan konsultasi dengan pihak di dalam negeri maupun di Malaysia dan Filipina.

Konsulat RI Tawau terus melakukan koordinasi dengan otoritas di Malaysia yang ada di wilayah tersebut.

Pemerintah Indonesia akan mengambil langkah langkah untuk mengatasi sering terjadinya pembajakan di kawasan tersebut. Indonesia juga akan mengajak negara negara tetangga untuk meningkatkan pengamanan di wilayah tersebut.(**/press release/za/las)