Guna Latihan Perang Bilateral, AS Kirim Kapal Perusak Ke Laut Hitam -->

Iklan Semua Halaman

Guna Latihan Perang Bilateral, AS Kirim Kapal Perusak Ke Laut Hitam

Reporter eMaritim.Com
06 Juni 2016

WASHINGTON – Negara dengan julukan Paman Sam, Amerika Serikat (AS) kirim kapal perusak, USS Porter yang dipersenjatai rudal cerdas dengan sistem pandu akan dikirim ke Laut Hitam untuk mengikuti latihan perang bilateral dengan negara sekutu.


Menurut Angkatan Laut (AL) AS, USS Porter akan memasuki Laut Hitam pada hari Senin esok. "Operasi kapal di Laut Hitam dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan maritim dan stabilitas, kesiapan, dan kemampuan Angkatan Laut dengan sekutu dan mitra kami," demikian pernyataan pers AL AS seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (5/6/2016).

USS Porter akan mendukung Operasi Atlantic Resolve, yang mencakup semua aksi Departemen Pertahanan AS di Eropa Timur. Kapal ini juga diharapkan bisa menjadi pelabuhan bersakalan.

Kapal perang kelas Arleigh Burke ini telah bergerak ke pangkalan Angkatan Laut Spanyol Rota dan merupakan bagian dari Armada 6 AS yang berpusat di Naples, Italia.

Sekedar informasi, kapal perang kelas Arleigh Burke kapal perang buatan AS yang dibangun menggunakan Aegis Combat System dan radar array SPY-1D multi-fungsi Pasif elektronik dipindai. Kapal ini dilengkapi rudal cerdas dengan sistem pandu.


Apa Itu Laut Hitam?

Seperti diketahui Laut Hitam merupakan laut dalam antara Eropa tenggara dan Asia Kecil. Dia terhubungkan dengan Laut Tengah oleh Bosporus danLaut Marmara, dan Laut Azov oleh Selat Kerch.

Ada masukan air laut melalui Bosporus, 200 km³ per tahun. Ada masukan air tawar dari wilayah sekitar, terutama Eropa Tengah dan Timur-Tengah(Asia barat), dengan jumlah total 320 km³ per tahun. Sungai terpenting yang masuk ke Laut Hitam adalah Donau. Laut Hitam memiliki wilayah 422.000 km² dan kedalaman maksimum 2.210 m.Laut Hitam tidak berwarna hitam, tapi berwarna biru sama seperti laut pada umumnya.

Negara yang berbatasan dengan Laut Hitam adalah: Bulgaria, Georgia, Rumania, Rusia, dan Turki.(Sindonews.com / Wikipedia.org / Rhp)   (Foto: USS Porter. (U.S. Navy photo by Mass Communication Specialist 2nd Class Nick Scott/Released / share picture by MarinieLink.com )