Menhub Ingin Penjualan Tiket Mudik Angkutan Laut, Dengan Sitem Online -->

Iklan Semua Halaman

Menhub Ingin Penjualan Tiket Mudik Angkutan Laut, Dengan Sitem Online

Reporter eMaritim.Com
20 Juni 2016

Balikpapan, eMariitim.com – Semakin dekatnya hari raya idul fitri, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meminta kepada perusahaan pelayaran untuk menjual tiket di agen-agen dengan sistem online. Guna meningkatkan pelayanan kepada penumpang angkutan laut.

 "Kalau menggunakan sistem online penumpang jadi tahu kapan dia mesti datang ke pelabuhan sehingga tidak terjadi penumpukan di terminal penumpang," ungkap Jonan saat meninjau kesiapan angkutan lebaran di Pelabuhan Semayang, Balikpapan (17/6/2016).

Ditambahkannya lagi bahwa pada tahun 2015 lalu, pihaknya sudah meminta kepada perusahaan pelayaran penumpang besar untuk menerapkan sistem ini. Sementara untuk perusahaan pelayaran kecil akan diberikan kesempatan enam bulan sampai satu tahun untuk mempersiapkannya. "PT Pelni dan PT Dharma Lautan Utama sudah membuatnya," ungkapnya.

Untuk jumlah penumpang angkutan laut di Pelabuhan Semayang sendiri, menurut Kepala KSOP Balikpapan, Hendri Tondang diprediksi akan mengalami kenaikan tiga persen dibanding masa mudik lebaran tahun lalu. "Khususnya untuk rute tujuan Surabaya, Makassar, Pare-pare, Mamuju, Pantolan/Palu, Tarakan dan Batu Licin dengan jumlah penumpang sebanyak 73.005 penumpang pada tahun 2015 meningkat menjadi 75.194 penumpang di tahun 2016," kata Hendri.

Kemenhub berkomitmen untuk menciptakan zero accident pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2016. Hal tersebut sesuai dengan fokus kerja Kemenhub untuk terus meningkatkan keselamatan, keamanan, serta pelayanan jasa transportasi kepada masyarakat. (Sumber : Dephub.go.id/ Rhp)