Tingkatkan Keselamatan Pelayaran Rakyat, Menhub Resmikan KM Express Bahari -->

Iklan Semua Halaman

Tingkatkan Keselamatan Pelayaran Rakyat, Menhub Resmikan KM Express Bahari

11 Januari 2017


  
Jakarta, eMaritim.com – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi inginkan agar sistem pelayanan pelayaran rakyat di tingkatkan keamanannya yang lebih baik. Dengan peningkatan itu  menhub juga meresmikan pengoperasian pelayaran KM Express Bahari 3B rute Pelabuhan Sunda Kelapa - Kepulauan Seribu di Pelabuhan Sunda Kelapa, milik PT Pelni. Hal ini mengingat dengan adanya kejadian KM Zahro Ekspress pekan lalu yang menjadi sorotan Pemerintah.

“Kita akan melakukan ramp check reguler. Wajib bagi KSOP dengan pemilik kapal untuk mengevaluasi terus-menerus. Setelah itu perlu melakukan persiapan pada saat berangkat dan mengikuti semua prosedur yang sudah ditetapkan,” tegas Menhub saat meresmikan KM Express Bahari, di Jakarta, Selasa (10/1).

Menhub menghimbau kepada seluruh jajaran Kementerian Perhubungan, secara khusus Ditjen Perhubungan Laut untuk mengembangkan dan mereformasi pelayaran rakyat. “Pelayaran rakyat adalah hak hidup masyarakat banyak. Banyak sekali saudara-saudara kita berusaha di pelayaran rakyat, oleh karenanya kami juga melakukan suatu reformasi berkaitan dengan pelayaran rakyat dengan cara-cara yang lebih mementingkan kepentingan rakyat,” ujar Menhub. Sejalan dengan itu, Menhub memberikan kesempatan kepada Provinsi DKI Jakarta untuk dijadikan sebagai pilot project pertamakali terkait dengan peningkatan pelayaran rakyat.

Menhub juga berharap kehadiran Pelni dan ASDP dapat memberikan semangat bagi kapal-kapal pelayaran rakyat untuk meningkatkan pelayanan dan keselamatan. “Apa yang dilakukan saat ini adalah suatu benchmarking baru dimana ada suatu level of security, level of safety dan level of service baru dan ini akan kita berikan pembelajaran bagi saudara-saudara kita yang mengelola pelayaran rakyat,” kata Menhub.

Terkait dengan pengoperasian perdana KM Express Bahari 3B, menurut Menhub, kehadiran Kapal Express Bahari 3B merupakan wujud komitmen Kemenhub untuk terus meningkatkan pelayanan, khususnya bagi masyarakat di Kepulauan Seribu.

“Saya berharap dengan kehadiran KM Express Bahari 3B dapat memenuhi kebutuhan sekaligus meningkatkan aksesibilitas masyarakat di daerah Kepulauan Seribu dengan tarif yang terjangkau, namun tetap memperhatikan aspek keselamatan,” ujar Menhub.

KM. Express Bahari 3B yang dibuat pada tahun 2005 merupakan jenis kapal penumpang dengan ukuran 149 GT dan sanggup menampung 208 orang dan 6 orang awak kapal, serta memiliki kecepatan antara 20-30 Knot. Adapun KM. Express Bahari 3B ini akan melayani rute pelayaran Sunda Kelapa – Pulau Bidadari - Pulau Tidung. Kapal ini dioperasikan oleh PT PELNI.

Menhub menyampaikan bahwa PT PELNI dan PT ASDP sudah diminta untuk menyediakan 5 sampai 6 kapal untuk melayani kebutuhan masyarakat dari dan ke Kepulauan Seribu.


Sinergi dengan Pemprov DKI Jakarta

Pada kesempatan tersebut, Menhub Budi juga menyampaikan akan melakukan sinergi dengan Pemprov DKI Jakarta.

“Terkait prasarana, Saya minta DKI untuk mengimprove Pelabuhan Kali Adem agar lebih nyaman supaya semua golongan masyarakat mau kesana termasuk aksesibilitasnya,” tambah Budi.

Selain itu, Kementerian Perhubungan akan membantu mendidik sumber daya manusia dari Provinsi DKI Jakarta. “Terkait safety, kita akan didik tenaga-tenaga sumber daya manusia dari DKI, kita akan memberikan kompetensi kepada DKI,” kata Budi.

Pada peresmian tersebut, Menhub didampingi oleh Plt. Gubernur DKI Sumarsono, Dirjen Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono dan Dirut PT PELNI, Elfien Goentoro.