Hindari Ancaman Cina, Taiwan Akan Buat Kapal Selam Sendiri -->

Iklan Semua Halaman

Hindari Ancaman Cina, Taiwan Akan Buat Kapal Selam Sendiri

06 April 2017
Kapal selam tampak berada di Pangkalan Laut Kaohsiung, Taiwan | Reuters
Taiwan, eMaritim.com – Ingin perkuat pertahanan negaranya, Taiwan berencana membuat kapal selam hasil karya anak bangsanya untuk memperkuat armada militernya, guna mempertahankan diri dari kemungkinan ancaman Cina.

Program produksi kapal selam dalam negeri ini baru pertama kalinya ditempuh Taiwan karena selama ini menggantungkan pembelian perlengkapan militer dari Amerika Serikat.

Namun pembelian senjata dari Amerika Serikat mengalami penurunan belakangan ini karena Cina menyampaikan keberatan kepada Amerika. Cina menganggap Taiwan sebagai provinsi yang membangkang dan menghendaki menyatu dengannya.

"Dalam proyek kapal selam asli, kami berharap dapat membuat delapan kapal selam," kata Kepala Staf Angkatan Laut Lee Tsung-hsiao kepada parlemen pada Rabu (05/04/2017) sebagaimana dilaporkan oleh kantor berita Reuters.

Perusahaan negara yang bergerak di bidang kapal, CSBC, dikontrak untuk memproduksi kapal selam tersebut. Rancangan awal kapal selam ditargetkan rampung pada awal tahun 2018. Taiwan sejauh ini belum pernah membuat kapal selam sendiri.

Kapal selam pertama yang diproduksi sendiri itu ditaksir dapat dioperasikan dalam waktu 10 tahun ini.

Armada kapal selam Taiwan yang ada sekarang terdiri dari empat kapal yang sudah tua, dua dibeli dari Belanda dan dua lagi dibeli dari Amerika Serikat. Dua kapal selam buatan Amerika tersebut berasal dari era Perang Dunia Kedua.

Kepastian proyek pembuatan kapal selam dalam negeri Taiwan diungkap menjelang pertemuan antara Presiden Xi Jinping dan Presiden Donald Trump, di klub Mar-a-Lago, Florida pekan ini.

Dalam pertemuan kedua pemimpin, perdagangan akan menjadi tema utama tetapi masalah Korea Utara dan Taiwan juga diperkirakan akan dibahas. (*)



Sumber: BBC Indonesia