Jalur Air CBL Permudah Jalur Logistik Tanjung Priok – Bekasi - CIkarang -->

Iklan Semua Halaman

Jalur Air CBL Permudah Jalur Logistik Tanjung Priok – Bekasi - CIkarang

28 April 2017
Menhub Budi usai meninjau Kanal CBL bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Dirut Pelindo 2 Elvyn G Massasya

Cikarang, eMaritim.com - "Moda transportasi alternatif saat ini sangat dibutuhkan, sekarang transportasi terbatas pada jalan tol dan kereta api, ini akan menjadi alternatif yang lebih modern dan hemat biaya untuk kedua moda transportasi dalam bentuk jaringan jalur darat dengan menggunakan tongkang,” kata Menhub Budi usai meninjau Kanal CBL bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Dirut Pelindo 2 Elvyn G Massasya pada Kamis (27/4) siang.

Dalam upaya meningkatkan efektivitas pengangkutan logistik dengan container khususnya dari dan ke timur Jakarta, Kementerian Perhubungan dorong PT Pelindo 2 untuk segera membangun Cikarang Bekasi Laut (CBL) Inland Waterways yang akan menghubungkan Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara dengan kawasan industri di sekitar Cibitung, Cikarang, dan Karawang, Jawa Barat dengan memanfaatkan Kanal CBL saat ini.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan upaya ini dilakukan untuk meningkatkan konektivitas Pelabuhan Tanjung Priok dengan daerah pedalaman (hinterland).

Lebih lanjut dikatakan Menhub ini akan menjadi solusi untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan tol yang menuju Cibitung, Cikarang, dan Karawang, dan juga menyediakan solusi logistik yang lebih hemat biaya dan efisien. Cara ini menurutnya juga dapat mengurangi tingkat polusi udara.

Lanjutnya ke depan PT Pelindo 2 akan melakukan pengembangan jalur air darat CBL yang memiliki panjang total 25 kilometer. “Nanti Pelindo 2 akan melebarkan kanal, melakukan pengerukan dan membangun terminal air darat atau Inland waterways Terminal, di sekitar Kawasan Industri Cikarang,” ungkapnya.

Menhub berharap CBL Inland Waterway dapat meningkatkan arus volume kontainer dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok, Cibitung, Cikarang, dan Karawang.

Menhub Budi menyebut nantinya Inland Terminal dipersiapkan seluas 52 hektar untuk melayani 1,6 juta TEUs dengan panjang dermaga 1600 m. Selain itu, untuk initial stage akan dibangun Inland Terminal seluas 10 hektar dengan dermaga sepanjang 600 m.

"Inland Terminal CBL akan terkoneksi dengan jalan Tol Cilincing - Cibitung (JTCC) melalui jalan akses penghubung sepanjang ± 4.2 km," pungkas Menhub. (*)