Dirjen Hubla : ‘Water Sprinkler’ Kapal Perlu di Coba Setiap Hari -->

Iklan Semua Halaman

Dirjen Hubla : ‘Water Sprinkler’ Kapal Perlu di Coba Setiap Hari

15 Mei 2017




Banten, eMaritim.com - Direktur Jenderal Perhubungan Laut Ir. A. Tonny Budiono, M.M., lakukan Uji Kalaiklautan Kapal di Pelabuhan Merak, Banten. Senin (15/5/2017). Dirjen Hubla masih menegaskan perlu uji coba yang sering terhadap peralatan keselamatan di kapal terutama alat Water Sprinkler.

Tonny melakukan uji laiklaut terhadap dua kapal yakni HM Baruna 1 dan KMP Sebuku, menurutnya Water Sprinkler pada kapal kapal ini ada dua, yakni automatis dan manual, 

“(Sprinkler automatis, Red) kena panas mereka langsung pecah (keluar air semprot, Red). Kalau Sprinkler model manual tanpa ada panas dia nyala sendiri (bisa hidup kalau di buka manual) dan langsung nyembur kerannya,” ujarnya.

Selain alat Sprinkler, Dirinya juga meninjau beberapa peralatan lain, seperti menguji bunyi alarm darurat kapal, dan alat navigasi yang ada di dalam control room nahkoda di kapal HM Baruna 1.

Selanjutnya Dirjen Hubla juga meninjau kesiapan kapal lainnya yang ada di dalam KMP Sebuku seperti mengecek ruang deck car (parkir mobil dalam kapal) dan kesiapan selang penyemprot air guna pencegahan kalau saja terjadi kebakaran. (hp)