Pembangunan Pelabuhan Muara Sabak Terkendala Normalisasi Sungai Batanghari -->

Iklan Semua Halaman

Pembangunan Pelabuhan Muara Sabak Terkendala Normalisasi Sungai Batanghari

Khalied Malvino
04 September 2017

Akses jalan di Pelabuhan Muara Sabak, Jambi | Istimewa
Jambi, eMaritim.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi akan melakukan normalisasi Sungai Batanghari sepanjang 4 mil menuju lepas pantai. Normalisasi ini dilakukan untuk melanjutkan progres pembangunan Pelabuhan Muara Sabak yang belum dilakukan Pelindo II karena Sungai Batanghari yang belum dinormalisasi serta belum dibangunnya akses jalan menuju pelabuhan.

“Kita berharap sudah ada titiknya dan setelah ini kita lakukan peninjauan,” kata Kepala Dishub Provinsi Jambi, Varial Adi Putra.

Ia menambahkan, dengan jarak 4 mil ini, nantinya akan memakan dana sebesar Rp 120 M. Dana itu akan ditanggung Pemerintah Pusat. Untuk tahun ini baru dianggarkan sebesar Rp 42 M.

Selain itu, terkait belum dibangunnya jalan non status menuju ke Pelabuhan Muara Sabak juga menjadi kendala pembangunan. Pelindo II masih menunggu pembangunan yang dilakukan Balai Jalan.

“Kita terus mendorong Balai Jalan untuk segra melakukan pembanguan jalan itu,” pintanya.

Pelabuhan Muara Sabak merupakan pelabuhan penting untuk jalur perdagangan komoditas yang ada di Jambi. Untuk bangunan fisik pelabuhan belum terjadi perubahan secara signifikan.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi Gusrizal mengatakan, sambil menunggu pembangunan jalan yang dilakukan oleh Kementerian PU Pera, Pelindo II selaku penanggung jawab pembangunan  Pelabuhan Muara Sabak, harus melakukan pembangunan fisik pelabuhan.

“Seharusnya pelindo juga membanguan agar nantinya dapat diselesaikan dengan cepat. Dan sama-sama berjalan,” katanya, seperti dikutip jambiekspress.co.id.

Dia meminta pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pergubungan Provinsi Jambi lebih aktif menjemput bola di Kementerian.

“Lebih aktif lagilah, kan itu sudah ada arahan anggaran,” pungkasnya. (*)