Pemkab Bengkulu Utara Targetkan Pulau Enggano Jadi Wisata Maritim -->

Iklan Semua Halaman

Pemkab Bengkulu Utara Targetkan Pulau Enggano Jadi Wisata Maritim

Khalied Malvino
11 September 2017
Salah satu destinasi di Pulau Enggano, yakni Goa Bolong di Pantai Koomang | Istimewa

Bengkulu Utara, eMaritim.com – Pulau Enggano yang terletak di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, ditargetkan akan menjadi kawasan destinasi wisata maritim karena memiliki kelestarian lingkungan yang akan tetap terjaga. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) berupaya untuk mencapai target tersebut.

Kepala Bappeda Pemkab Bengkulul Utara, Sahat Situmorang mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu untuk mencapai target Pulau Enggano sebagai kawasan destinasi wisata maritim.

“Pulau Enggano merupakan kawasan strategis wisata nasional. Pemkab Bengkulu Utara mengapresiasi semua langkah untuk mengembangkan Pulau Enggano menjadi Kawasan Wisata Maritim, baik dari pihak provinsi maupun pusat, sehingga ini bukan semata menjadi beban Kabupaten Bengkulu Utara,” kata Sahat.

Dilansir dari redaksibengkulu.co.id, Pulau Enggano, yang notabene termasuk pulau terluar di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), untuk mengembangkannnya menjadi pulau wisata, sangat diperlukan dan mempertimbangkan berbagai aspek. Diantaranya, dalam hal pertahanan dan keamanan. Kemudian persoalan infrastruktur dasar dan transportasi, kesehatan dan pendidikan.

“Makanya Pemkab Bengkulu Utara sengaja menggandeng pihak kementerian agar keinginan pulau ini menjadi destinasi wisata dapat terwujud”, pungkas Sahat. (*)