Investasi Pelindo IV di Pelabuhan Jayapura dan Ambon Capai Rp 85 M -->

Iklan Semua Halaman

Investasi Pelindo IV di Pelabuhan Jayapura dan Ambon Capai Rp 85 M

Khalied Malvino
11 Desember 2017
PT Pelindo IV (Persero) | Istimewa
Makassar, eMaritim.com - PT Pelindo IV (Persero) kembali berinvestasi mencapai Rp 85 miliar dengan mendatangkan lima unit Rubber Tyred Gantry (RTG) di Pelabuhan Jayapura dan Pelabuhan Ambon jelang akhir 2017.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung mengatakan, sebanyak 5 unit alat bongkar muat kontainer tersebut telah tiba di Pelabuhan Jayapura pada Kamis malam, 7 Desember 2017. Kelimanya diangkut dengan kapal MV Hansa Heavy Lift (HHL) New York berbendera Barbados dan Antigua.

"Kedatangan 5 unit RTG ini untuk menunjang kegiatan di pelabuhan kelolaan Pelindo IV. Di mana, 2 unit RTG akan ditempatkan di Pelabuhan Jayapura dan 3 unit lagi untuk di Pelabuhan Ambon," kata Doso dalam keterangan tertulis, Minggu (10/122017), seperti dilansir metrotvnews.com.

Direktur Fasilitas dan Peralatan PT Pelindo IV, Farid Padang menambahkan, kapasitas angkat RTG yang baru tiba tersebut adalah SWL 40 ton dengan high stacking 5+1 dan span 23,47 meter atau 6 row + 1 (truck line). Farid berharap dengan cara kerja yang cukup cepat dari RTG yang baru, bisa menunjang target produktivitas bongkar muat barang di 2 pelabuhan itu.

Khusus di Pelabuhan Jayapura, Farid mengaku, kini telah tersedia 2 unit container crane, 2 unit RTG, 4 Head truck, 2 tronton, 2 reachstacker, 1 forklift 7 ton, 1 Mobile Crane, 1 Kapal Tunda Anggada IX 2x1.000 hp, 1 speed boat 2x40 hp dan 10 plugging reefer.

Dengan kedatangan 2 unit RTG terbaru di pelabuhan terujung di Kawasan Timur Indonesia (KTI) itu, total RTG yang dimiliki Pelabuhan Jayapura menjadi 4 unit. Untuk di Pelabuhan Ambon, rencananya 3 unit RTG yang baru akan tiba pada 13 Desember 2017.

"Direncanakan 5 unit RTG itu sudah bisa digunakan sebelum Tahun Baru 2018," tandas Farid.

Farid melanjutkaan, kini progres pengerjaan pemasangan 2 unit RTG baru di Pelabuhan Jayapura yang dilakukan perusahaan kontraktor Dinson Industries Corporation - China, telah mencapai 90,5 persen.

Saat tiba di Pelabuhan Jayapura, kedatangan RTG baru tersebut disaksikan oleh Manajemen Pelindo IV Cabang Jayapura, PMO of Equipment, Dinson Industries Corporation - China, Karantina Kesehatan Pelabuhan Jayapura, Beacukai Pelabuhan Jayapura, TKBM pelayaran dan keamanan Pelabuhan Jayapura, serta Konsultan Pengawas Pengadaan di Jayapura.(*)