Tahun 2018 Pelabuhan Patimban Ditargetkan Rampung -->

Iklan Semua Halaman

Tahun 2018 Pelabuhan Patimban Ditargetkan Rampung

19 Januari 2018
Ilustrasi Pelabuhan Bongkar Muat
Bogor, eMaritim.com – Pemerintah Indonesia dan Jepang sepakat menargetkan proyek pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, rampung tahun depan.

"Dan kita bekerja sangat intensif. Kalau yang lain itu tiga tahun, ini setahun, insya Alloh tahun depan sudah jadi, Rencananya Pelabuhan Patimban akan mulai dioperasikan pada Maret 2019, " kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi setelah mendampingi Presiden Jokowi saat menerima Delegasi Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang Toshihiro Nikai dan rombongan di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat,

"Untuk itu kita bekerja simultan, sedang menentukan operatornya," katanya.

Operator adalah gabungan antara Indonesia dan Jepang dengan saham mayoritas Indonesia sehingga nanti Indonesia dapat menentukan jalannya operasi dari perusahaan itu.

Patimban,  kata Budi Karya, akan dikembangkan sebagai suatu pelabuhan dengan kapasitas lebih dari 7 juta TEUs sedangkan lapangan peti kemas di dalamnya seluas 35 hektar.

Sebelum ditetapkan sebagai pelabuhan pengganti Cilamaya, Kementerian Perhubungan merancang Pelabuhan Patimban sebagai pelabuhan pengumpan regional. (*)



Antara