Hampir Seperti KM Sinar Bangun, Tali Kemudi KM Roma Putus di Danau Toba -->

Iklan Semua Halaman

Hampir Seperti KM Sinar Bangun, Tali Kemudi KM Roma Putus di Danau Toba

11 Juli 2018
KM Roma Saat ditarik kapal lain menuju bibir pantai | Sumber : Tribunnews
Medan, eMaritim.com - Hampir terjadi insiden kecelakaan kapal di Danau toba menyusul KM Sinar Bangun, kali ini satu unit kapal mengangkut puluhan orang nyaris karam setelah tali kemudinya putus. Kecelakaan nyaris karam itu, dialami oleh KM Roma Parsaulian di dekat Pantai Horsik, Kabupaten Toba Samosir, Selasa (10/7/2018) sekitar pukul 11.00 WIB.

Koordinator SAR Danau Toba, Torang M Hutahaean mengatakan, KM Roma Parsaulian diketahui sedang dalam pelayaran dari Pelabuhan Nainggolan, Samosir menuju Ajibata, Toba Samosir. Kapal itu sedang mengangkut puluhan orang rombongan pesta.

"Pas di Horsik sekitar pukul 11.00 tadi ada laporan warga datang langsung ke Kapal 412 (KM SAR 412) ada putus kemudi nggak bisa bergerak. Saat itu kondisi cuaca berangin dan bergelombang tapi mediumlah,” kata Torang, Selasa (10/7/2018).

Ia menambahkan, bahwa Tim SAR langsung bergerak ke lokasi. Mereka juga menghubungi KM Bunda dan kapal milik Aquafarm untuk menuju ke sana menarik kapal itu.

"Karena kapal kita nggak muat, penumpang dievakuasi ke KM Bunda dan kapal Aquafarm. tadi sebagian pakai pelampung, sebagian tidak. Semua penumpang selamat,” ujar Torang.

Mereka menggunakan angkutan darat. Karena putusnya tali kemudi KM Roma Parsaulian ini memantik kekhawatiran baru mengenai keamanan transportasi di perairan Danau Toba.

Sebelumnya, KM Sinar Bangun yang juga disebut mengalami putus tali kemudi, hingga terbalik dan karam dalam pelayaran dari Simanindo, Samosir, menuju Tigaras, Simalungun, Senin (18/6/2018) lalu.

Kapal itu diperkirakan membawa hampir 200 penumpang dan puluhan sepeda motor.

Dari jumlah itu, baru 24 orang yang ikut dalam kapal telah ditemukan, dan 3 di antaranya dalam kondisi meninggal dunia. Sementara 164 yang korban lainnya, masih dinyatakan hilang bersama kapal KM Sinar Bangun tersebut.(*/tribun)