STIP Berikan Sertifikat Kepada 128 Peserta Diklat Keterampilan Pelaut -->

Iklan Semua Halaman

STIP Berikan Sertifikat Kepada 128 Peserta Diklat Keterampilan Pelaut

13 Juli 2018
Istimewa
Jakarta, eMaritim.com – Kecelakaan Kapal baru-baru ini sedang banyak terjadi, banyak penyebab yang timbul, dari human error, kapal sudah tak laik berlayar, dan cuaca yang buruk. Para pelaut yang berlayar senantiasa mengemban tanggung jawab di beberapa sektor, dimulai Kapal itu sendiri, Perusahaan (pemilik kapal), Barang Bawaan (cargo), hingga yang terpenting adalah nyawa para penumpang. Pelaut diwajibkan memiliki banyak keterampilan yang didapat dari pelatihan-pelatihan agar ketika terjadi kecelakaan kapal dapat menyelamatkan dirinya sendiri dan menolong orang lain.

Menyikapi hal ini Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta Capt. Sahattua PS Simatupang, MM. MH menyerahkan sertifikat kepada peserta Diklat Keterampilan Pelaut periode 2-12 Juli 2018 yang dilaksanakan di Kampus STIP, Jl. Marunda Makmur, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (12/7/2018) sore.

Total 126 peserta diklat dinyatakan lulus dan berberhak menerima  sertifikat yang terdiri atas “Basic Safety Training (BST), Advanced Fire Fighting (AFF) dan Security Designated for Safety Duties (SDSD)” telah dibagikan secara “Delivery On Time” langsung oleh  Ketua STIP Jakarta.

Capt. Sahattua mengatakan dalam sambutannya kepada Seluruh Peserta Diklat bahwa setelah mengikuti pelatihan ini seluruh peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang cara menyelamatkan diri dan orang lain diatas kapal. Kemudian cara atau prosedur memadamkan api pada saat terjadi keadaan darurat serta bagaimana berperan untuk menjadi petugas keamanan yang bertanggung jawab diatas kapal.

Bertindak sebagai perwakilan peraih Sertifikat  adalah Uzwan Hairul (18) asal Jakarta diberikan kesempatan langsung untuk memperoleh sertifikat dan berjabat tangan dengan Ketua STIP.

Acara tersebut dihadiri para pejabat antara lain oleh Capt. Supendi, M.MTr. (Kepala Bagian Adm Akademik & Ketarunaan), Capt. H.Abdul Rachman, MM. (Kepala Divisi Pengembangan Usaha), Buswan, M.Pd. (Kasubdiv Diklat Kepelautan).

Buswan, M.Pd merupakan pihak utama dalam kesuksesan pencapaian tertinggi di STPI Jakarta. Pada hari terakhir pelaksanaan diklat di hari itu juga sertifikat berhasil dicetak dan dibagikan secara efisien. (*/hp)