Pelni Berikan Bantuan Kapal Kemanusiaan Gempa Lombok -->

Iklan Semua Halaman

Pelni Berikan Bantuan Kapal Kemanusiaan Gempa Lombok

21 Agustus 2018
Jakarta,  eMaritim.com –  PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) – PELNI kembali  menyiapkan transportasi gratis dengan Kapal Motor (KM) Egon untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan dari Surabaya ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Angkutan bantuan kemanusiaan gratis kali ini lebih banyak dibanding angkutan gratis yang sudah diberangkatkan sebalumnya. PELNI menyiapkan 3 kapal pengangkut bantuan gratis, KM. Egon (7/8 dan 21/8-18), KM. Camara Nusantara 3 (17/8). KM. Tilongkabila (22/8) dari Makassar-Benoa-Lembar (Lombok). 

Kepala Kesekretariatan PT PELNI (Persero) Ridwan Mandaliko Selasa (21/8) mengatakan,  penyediaan transportasi laut secara gratis dari PELNI mendapat respon positif dari berbagai  lembaga, institusi, komunitas dan perusahaan swasta serta BUMN yang telah menggunakan jasa angkutan gratis dari PELNI untuk mengangkut bantuan kemanusiaan ke Lombok. “Kami bersyukur masyarakat memanfaatkan angkutan gratis PELNI untuk bantuan ke Lombok,” terang Ridwan.

Penyediaan transportasi gratis untuk mengangkut bantuan ke Lombok dari Surabaya yang  dengan KM. Egon   akan berangkat pada  Selasa (21/8) pukul 15.00 WIB merupakan angkutan gratis ketiga kalinya. “Permintaan angkutan gratis untuk pemberangkatan hari ini  jauh lebih banyak dibandingkan bantuan yang diangkut sebelumnya. KM. Egon muatanya cukup padat, kapalnya dipenuhi angkutan bantuan kemanusiaan gratis untuk Lombok,” tutur Ridwan.

 Dari data manifes, KM. Egon tercatat ada 54 item barang akan dikirim ke Lombok. Pemkot Surabaya, Forum Zakat, APBMI, Relawan Basarnas telah mengirim daftar barang yang akan diangkut ke Lombok. “Penyediaan transportasi  gratis untuk pengiriman bantuan kemanusiaan ke Lombok,  telah dua kali dengan KM. Egon, Camara Nusantara 3,” kata Ridwan.

KM. Egon, lanjut Ridwan merupakan kapal tipe Roro dan dapat mengangkut mobil, alat berat dan penumpang. “Kami berterima kasih kepada warga yang memanfaatkan transportasi laut cuma-cuma dari PELNI untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke Lombok, NTB,” tambah Ridwan.

Selumnya KM. Camara Nusantara 3 yang diberangkatkan bertepatan dengan HUT RI ke-73 tanggal 17 Agustus 2018 kemarin membawa bantuan dari UPT Ditjen Hubla BP SDM Jatim sebanayak 44 colly. Laziz Nurul Alfah 5 colly. APBMI-Dok Perkapalan 43 colly, Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak 5 colly, PT Sarana Bandar Nasional (SBN) anak perusahaan PT PELNI,  7 colly, dan relawan peduli bencana.

Kepala PELNI Cabang Surabaya Presda yang mewakili Direksi PELNI pada laporan penyerahan  bantuan kepada Nakhoda KM. Egon, Capt.  Sinurat,  mengatakan bantuan yang diangkut barupa kendaraan, alat berat, dan cargo ini untuk diangkut secara gratis dengan kapal PELNI.

Presda menambahkan, hingga saat ini sudah ada 13 pengirim bantuan dengan kapal PELNI dari Surabaya ke Lombok terdiri: PELNI Group, Jasa Raharja, UPT Hubla BPSDM Jatim, Laziz Nurul Alfalah, APBMI Dokperkapalan, Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, Relawan Peduli Bencana, Pemkot Surabaya, Basarnas, Galena Logistic Sidoarjo, PTPN XI, Forum Zakat dan Relawan Basarnas Semarang.

“Sebagai Insan PELNI kita bangga dapat memfasilitasi masyarakat untuk memberikan bantuan angkutan gratis kapal laut ke Lombok. Kepada Nakhoda saya titipkan  barang-barang ini untuk diserahkan kepada yang membutuhkan melalui Kacab Bali dan Ampenan untuk menyalurkan kepada BPBD Lombok,” kata Presda.*