Destinasi Baru di Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat Semakin Lengkap -->

Iklan Semua Halaman

Destinasi Baru di Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat Semakin Lengkap

04 Desember 2018
Ilustrasi
Mataram, eMaritim.com  - Di Pelabuhan Gili Mas saat ini sedang dibangun rancangan untuk destinasi wisata baru, pembangunan ini dilakukan oleh Pelindo III. Di kawasan ini nantinya akan dihadirkan amphitheatre, seaside walk, hotel, marina yacht serta fasilitas pendukungnya, pusat perbelanjaan, bahkan gerbang selamat datang dengan arsitektur lokal.

Menurut penjelasan juru bicara Pemerintah Kabupaten Lombok Barat Saipul Akhkam, sampai saat ini Pelindo III sedang membangun multipurpose terminal  untuk layanan kapal pesiar dan kapal peti kemas dengan biaya Rp 1,3 triliun. Dermaga yang akan dibangun sepanjang 440 meter dan lebar 26 meter dengan kedalaman kolam pelabuhan mencapai 14 MLWS (Mean Low Water Spring) atau sekitar 13 meter.

Selama ini kapal pesiar yang datang tidak dapat bersandar di Pelabuhan Lembar. Adapun kapasitas lapangan kontainer mampu menampung 200 ribu sampai 300 ribu kontainer. Dermaganya bisa disandari cruise dengan panjang badan kapal mencapai 400 meter yang mampu membawa hingga 4.000 penumpang dan bisa juga untuk dua cruise sekaligus berukuran lebih kecil. Sedangkan terminal penumpang, memiliki kapasitas sekitar 1.500 orang.

Menurut Saipul Akhkam, pembangunan pelabuhan yang terletak di Dusun Teluk Waru Desa Labuan Tereng Lembar tersebut telah dikunjungi oleh Bupati Lobar Fauzan Khalid. ''Diproyeksikan menjadi pelabuhan terbesar di wilayah timur Indonesia,'' ujarnya.

Pelabuhan ini rencananya akan memiliki pelabuhan sepanjang 440 meter dan lebar sepanjang 26 meter dengan kedalaman laut mencapai 13 meter lebih. Untuk keseluruhan fasilitasnya, paling tidak pihak Pelindo III membutuhkan luas lahan sebanyak 50 hektar dan anggaran paling sedikit Rp 1,3 trilun.


Persiapan lahan, menurut Pelindo III, sudah 100 persen selesai. Saat ini untuk tahap desain dan konstruksi sudah 61 persen. Pembangunan marina bisa menampung lebih dari enam puluh yacht. Ini akan memperkuat akses pariwisata. ''Adanya fasilitas yang akan dibangun, bisa menjadi destinasi baru," ucap Saipul Akhkam seperti dikutip dari Tempo.co.

Bupati Lobar Fauzan Khalid menyebutkan bahwa Pemkab Lobar sudah membuat desain perbaikan jalan dari Sekotong sampai Buwun Mas. Lebar jalan direncanakan sampai delapan meter untuk memudahkan koneksitas Pelabuhan Gili Mas dengan KEK Mandalika di Lombok Tengah.  (*)