Litbang Perhubungan Adakan Acara Serah Terima Hasil Penelitian Tahun 2018 -->

Iklan Semua Halaman

Litbang Perhubungan Adakan Acara Serah Terima Hasil Penelitian Tahun 2018

28 Desember 2018
Jakarta, eMaritim.com – Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan merupakan sebuah lembaga penelitian yang memiliki tujuan untuk menghasilkan produk maupun rekomendasi penelitian yang diperlukan, baik untuk pemerintah maupun untuk masyarakat. Orientasi riset yang selama ini berjalan pada sebagian lembaga litbang belum fokus pada upaya memberikan kontribusi nyata terhadap upaya dalam memenuhi kebutuhan ataupun menjawab persoalan yang dihadapi masyarakat, pemerintah, atau dunia usaha.

Badan Litbang Perhubungan cq. Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Laut, Sungai, Danau, dan Penyeberangan mengadakan acara Diseminasi Serah Terima Hasil Penelitian tahun 2018 kepada stakeholder terkait pada Jumat (28/12) di Jakarta Pusat. Stakeholder tersebut diantaranya Direktur Utama PT. Pelindo III Surabaya, Asisten Manajer Pemanduan PT. Pelindo III Cabang Tanjung Perak, PT. IKI Makassar, Kepala Operasi Pelni Cabang Balikpapan, serta DPP Pelayaran Rakyat.

“Penyelenggaraan diseminasi ini perlu dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak yang terkait, yaitu Kementerian Perhubungan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Lingkungan Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten/ Provinsi, Badan Usaha Milik Negara, dan Organisasi/Masyarakat serta Akademisi.” Ujar Imran Rasyid, Kepala Puslitbang Transportasi Antar Moda sebagai Pelaksana Harian Kepala Badan Litbang Perhubungan.

Peran Litbang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan semakin meningkatnya kompleksitas persoalan dan juga meningkatnya kebutuhan dan tumpuan harapan publik terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, hal ini mengisyaratkan bahwa hasil litbang perlu relevan dengan kebutuhan dan/atau persoalan yang dihadapi oleh masyarakat.

“Hasil diseminasi / serah terima hasil penelitian ini diharapkan dapat diimplementasikan dan mendukung pengambilan keputusan dari subsektor dan stakeholder terkait. Selain itu juga dapat menjadi referensi bagi akademisi dan masyarakat sehingga mendatangkan manfaat bagi semua pihak terkait.” Lanjut Imran pada sambutannya.

Beberapa hasil penelitian Puslitbang Transportasi Laut, Sungai, Danau, dan Penyeberangan TA 2018  yang cukup strategis diantaranya adalah Studi Pengembangan Trayek Tol Laut Tahun 2019, Studi Penerapan Motorized Container Barge (Self-propelled Barge) Jakarta – Surabaya Dalam Mengurangi Beban Lalu Lintas Jalan Di Pantai Utara Pulau Jawa, dan Studi Penyusunan Grand Desain Transportasi Danau di Kawasan Wisata Danau Toba. Sumatera Utara Dalam Rangka Mendukung Pariwisata

Sedangkan di tahun 2019 direncanakan penelitian yang strategis yaitu Studi Peningkatan Sistem Manajemen Transportasi Laut Dalam Rangka Antisipasi Kesiapan Indonesia Menghadapi Mandatory IMO Member State Audit Scheme (MIMSAS)

Sebagai salah satu bentuk pemanfaatan hasil-hasil Litbang adalah melalui diseminasi hasil penelitian, diharapkan melalui diseminasi diharapkan pemanfaatan hasil Litbang dapat lebih ditingkatkan. Selain itu, diharapkan pula hasil-hasil Litbang dapat segera dimanfaatkan oleh para stakeholder terkait sebagai pertimbangan dalam pengambilan kebijakan.(*)