BMKG Berikan Peringatan DIni Gelombang Tinggi di Sejumlah Wilayah -->

Iklan Semua Halaman

BMKG Berikan Peringatan DIni Gelombang Tinggi di Sejumlah Wilayah

01 Maret 2019
Jakarta, eMaritim.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berikan peringatan dini terjadinya gelombang tinggi di beberapa wilayah Indonesia dalam tiga hari ke depan, Kamis (28/2) hingga Minggu (3/3).

Gelombang tinggi 2.5-4.0 m (tinggi) terkadi seperti di Laut Natuna Utara dan Perairan Kepulauan  Talaud.


Terpantau Typhoon “WUTIP” 925 hPa di Samudra Pasifik timur Filipina. Pola angin di utara Indonesia umumnya dari arah Utara - Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar antara 4 - 20 knot, sedangkan di selatan wilayah Indonesia umumnya dari arah Timur Laut - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar antara 4 - 20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Selat Makasar, Perairan utara Kep. Talaud dan Laut Maluku. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Berhati-hati beberapa wilayah berpotensi gelombang tinggi 1.25-2.5 m (sedang), yaitu Selat Malaka bagian Utara, Perairan Utara Sabang, Perairan Sabang-Banda Aceh, Perairan Barat Aceh hingga Kep.  Mentawai, Perairan Bengkulu hingga Barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatra, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan P. Jawa hingga Sumbawa, Selat Bali-Selat Lombok-Selat Alas bagian Selatan, Perairan Selatan P. Sumba-P. Sawu, Laut Sawu, Selat Sumba bagian Barat, Samudra Hindia Selatan Jawa hingga NTT, Perairan Kep. Anambas-Kep. Natuna, Laut Natuna, Perairan Timur Bintan-Lingga, Selat Makassar bagian Tengah dan Utara, Perairan Barat Sulawesi Barat, Perairan Kalimantan Utara, Laut Sulawesi, Perairan Utara Sulawesi, Perairan Bitung-Manado, Perairan Selatan Sulawesi Utara, Laut Maluku, Perairan Utara Kep. Banggai-Kep. Sula, Peraairan Kep. Halmahera, Laut Halmahera, Perairan Utara Papua Barat hingga Papua, dan Samudra Pasifik Utara Papua Barat hingga Papua.

Harap memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, seperti Perahu Nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m, Kapal Tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m, Kapal Ferry dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m, Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m.

BMKG mengimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada. (*)