Pemerintah Siapkan Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut

Iklan Semua Halaman

Pemerintah Siapkan Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut

Jumat, 22 Maret 2019
Jakarta, eMaritim.com  – Pemerintah siapkan angkutan sepeda motor gratis  dengan kapal laut  bagi para pemudik yang akan merayakan  Hari Raya Idul Fitri 1440H/2019.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut,  Capt. Wisnu Handoko mengatakan,  pemerintah siapkan ruang kapal  untuk mengangkut  sepeda motor  pemudik sebanyak 4.000 unit dan 8.000 orang penumpang.

Masing-masing  untuk mudik 2.000 unit sepeda motor dan 4.000 orang penumpang dan arus balik sebanyak 2.000 unit sepeda motor dan 4.000 orang penumpang.

Jadwal keberangkatan angkutan laut mudik gratis dengan kapal bagi pengendara sepeda motor  ini dilakukan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta  ke Tanjung Emas Semarang pada 30 Mei dan 1 Juni 2019. Sedangkan  untuk jadwal arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Tanjung Priok Jakarta mulai 8 dan 10 Juni 2019.

Dalam pelaksanaannya mudik gratis  dengan kapal tahun 2019 ini, Direktorat Jenderal Perhubungan menyiapkan satu unit kapal penumpang kapasitas 2000 penumpang dan 1000 sepeda motor untuk satu kali voyage.

“Pemerintah berharap melalui program mudik gratis ini akan meningkatkan kelancaran lalu lintas angkutan jalan raya dan mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas pengguna jalan raya khususnya pengguna sepeda motor pada jalur pantai utara," kata Wisnu, Kamis (21/3/2019).

Program mudik gratis ini kata Wisnu, untuk mengurangi  menggunakan sepeda motor  jarak jauh sehingga mudik gratis dengan kapal laut ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik tahun ini, mulai sekarang bersiap-siap dan manfaatkan kesempatan mudik gratis dengan kapal ini sebaik-baiknya. Mudik dengan kapal laut selain gratis juga lebih aman dan nyaman,” jelas Wisnu. (hp)