Ketegangan Dua Negara Adidaya Ini Pengaruhi Harga Minyak Dunia -->

Iklan Semua Halaman

Ketegangan Dua Negara Adidaya Ini Pengaruhi Harga Minyak Dunia

11 Juni 2019
Ilustrasi (Istimewa)
Jakarta, eMaritim.com  - Awal pekan perdagan  atau Senin (Selasa WIB) harga minyak turun lebih dari satu persen, seiring terus memanasnya ketegangan perdagangan Amerika Serikat (AS) dan China.

Namun rodusen-produsen utama Arab Saudi dan Rusia belum sepakat.memperpanjang kesepakatan pemotongan produksi.

Reuters seperti dilansir Antara melaporkan,  minyak mentah berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli, turun 0,73 dolar AS atau 1,4 persen menjadi menetap pada 53,26 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara itu, minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus, jatuh 1,00 dolar AS atau 1,6 persen menjadi ditutup pada 62,29 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Presiden AS Donald Trump mengatakan dia siap untuk memberlakukan putaran lain dari tarif hukuman pada impor China jika dia tidak mencapai kesepakatan perdagangan dengan presiden China pada KTT Kelompok 20 (G20) akhir bulan ini.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa China terbuka untuk pembicaraan perdagangan lebih lanjut dengan Washington, tetapi tidak ada yang mengumumkan tentang kemungkinan pertemuan.

Impor minyak mentah China merosot ke sekitar 40,23 juta ton pada Mei, dari tertinggi sepanjang masa 43,73 juta ton pada April, data bea cukai menunjukkan, karena penurunan impor Iran yang disebabkan oleh sanksi-sanksi AS dan pemeliharaan kilang.

"Karena kekhawatiran kenaikan tarif AS di China meningkat, kami melihat lebih banyak penyesuaian ke bawah untuk permintaan minyak dunia sepanjang tahun ini dan selanjutnya memberikan pembatas pada kenaikan harga sesekali," kata Jim Ritterbusch dari Ritterbusch and Associates dalam sebuah catatan.

Barclays bank, dalam sebuah catatan, mengatakan para ekonomnya telah merevisi turun prospek pertumbuhan PDB mereka untuk Amerika Serikat, China, India dan Brasil - negara-negara yang mencakup lebih dari tiga perempat dari asumsi pertumbuhan permintaan minyak mereka untuk tahun ini.

"Revisi menyiratkan pengurangan 300.000 barel per hari dalam prospek permintaan minyak global kami saat ini sebesar 1,3 juta barel per hari secara tahun-ke-tahun untuk tahun ini," kata bank Inggris.

Di sisi pasokan, Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih mengatakan Rusia adalah satu-satunya pengekspor minyak yang masih ragu mengenai perlunya memperpanjang kesepakatan produksi yang disepakati oleh produsen-produsen utama.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan beberapa non-anggota, termasuk Rusia, telah menahan pasokan sejak awal tahun ini untuk menopang harga. Kesepakatan ini akan berakhir pada bulan ini.

Namun, Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan masih ada risiko produsen minyak memompa terlalu banyak minyak mentah dan harga turun tajam. Novak mengatakan dia tidak bisa mengesampingkan penurunan harga minyak menjadi 30 dolar AS per barel jika kesepakatan global tidak diperpanjang.

Banyak negara pengekspor minyak telah mengkonfirmasi bahwa mereka siap untuk mengadakan pertemuan kebijakan dengan OPEC di Wina pada 2-4 Juli, alih-alih tanggal yang dijadwalkan akhir bulan ini, kata Novak.

Di Amerika Serikat, produksi minyak mentah telah melonjak, naik ke rekor mingguan di 12,4 juta barel per hari, sementara stok minyak mentah telah naik mendekati level tertinggi dua tahun, menurut data Badan Informasi Energi AS (EIA) pekan lalu.

"Pasar telah melihat tekanan selama beberapa minggu terakhir karena kenaikan signifikan dalam persediaan minyak mentah dan produk di sini, di AS, yang telah menekan harga, karena pasar sekarang menunggu hasil pertemuan produsen OPEC dan non-OPEC yang akan datang," kata Andrew Lipow dari Lipow Oil Associates di Houston. (*/hp)