Kapal Container Tabrak Crane Darat Saat Manuver Sandar Di Pelabuhan Tg Emas -->

Iklan Semua Halaman

Kapal Container Tabrak Crane Darat Saat Manuver Sandar Di Pelabuhan Tg Emas

Ananta Gultom
14 Juli 2019

video viral kapal container tabrak crane darat di pelabuhan tanjung emas

eMaritim.com - Crane Darat container yg sedang tidak di operasikan tertabrak haluan kapal dan rubuh menimpa sejumlah truk yang diparkir sekitar pelabuhan oleh Sebuah Kapal Container / Peti Kemas saat melakukan Olah Gerak Sandar di dermaga TPKS (Terminal Peti Kemas Semarang) di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Minggu (14/7/2019).

Dikutip berdasarkan Kompas TV dan media Bisnis.com  , diberitakan tidak terjadi korban jiwa saat kejadian tersebut dan  Kapal teridentifikasi dengan nama MV Soul of Luck yang sedang dalam proses pemanduan sandar oleh Pandu Bandar.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang Ahmad Wahid menjelaskan kapal kontainer berbendera Panama dengan registrasi IMO 9148647 itu berlayar dari Port Klang Malaysia pada 11 Juli 2019 dan tiba di Pelabuhan Tanjung Emas pada Minggu (14/7/2019) pukul 17.10 WIB.

KSOP terus berkoordinasi dengan PT Pelindo III (Persero) selaku induk usaha PT PMS yang bergerak di bidang jasa pandu.
Wahid mengimbau seluruh penyedia layanan jasa transportasi laut untuk senantiasa mengutamakan keselamatan dan keamanan pelayaran untuk mencegah hal-hal yang berisiko terjadi.
Wahid memastikan pelayanan kepelabuhanan tetap berjalan seperti biasa meskipun lokasi kejadian sudah disterilkan.

"Kami akan berkoordinasi dengan KNKT [Komite Nasional Keselamatan Transportasi] untuk menginvestigasi penyebab kejadian tersebut," katanya.

Sebagai informasi, TPKS melayani pelayaran domestik dan internasional. Namun, aktivitas ekspor dan impor mendominasi dibandingkan dengan aktivitas domestik.

Komoditas ekspor Jawa Tengah yang paling tinggi adalah garmen, furnitur, dan kayu. Adapun komoditas impor Jateng yang dominan melalui TPKS a.l. tekstil dan bahan tekstil, makanan, dan bibit tanaman.(AG)