Dua Dermaga Baru Hadir sebagai Peningkatan Pelayanan di Pelabuhan Cigading -->

Iklan Semua Halaman

Dua Dermaga Baru Hadir sebagai Peningkatan Pelayanan di Pelabuhan Cigading

01 Agustus 2019
 
Cilegon, eMaritim.com - PT Krakatau Bandar Samudera (“PT KBS”) sebagai operator Pelabuhan Cigading di Cilegon, Banten telah menyelesaikan dua dermaga baru yaitu dermaga 7.1 dan 7.2 dengan kapasitas 3,5 juta ton, sehingga total kapasitas bongkar muat Pelabuhan Cigading menjadi 25 juta ton per tahun, hal tersebut menjadikan Pelabuhan Cigading sebagai pelabuhan curah kering terbesar di Indonesia.

Direktur Utama PT KBS, Alugoro Mulyowahyudi menyampaikan dermaga baru tersebut akan menjadi terminal umum yang dapat disandari kapal berbobot 70.000 DWT (panamax vessel), “Dermaga 7.1 dan 7.2 merupakan bagian terminal umum yang dibangun untuk melayani kargo barang curah dan general kargo” ujar Alugoro.

Dua dermaga baru tersebut sepanjang 350 x 25 meter dibangun oleh PT Istaka Karya (Persero) dengan pipa pancang dari PT KHI Pipe Industries (anak perusahaan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk), diatasnya dilengkapi dengan empat unit DLLC (Double Level Luffting Crane) dengan tipe jib crane, yang masing-masing unit memberikan andil discharging rate (kecepatan bongkar) 750 ton per jam. “Dengan crane yang baru ini, bongkar muat bisa lebih cepat, throughput bertambah dan kepuasan customer meningkat ” tambah Alugoro.

Dermaga 7.1 dan 7.2 ini akan menambah jumlah slot dermaga PT KBS menjadi 17 dermaga. PT KBS juga menambah anak perusahaan menjadi 4 anak perusahaan, “Penambahan 2 jetty baru dan 3 anak perusahaan di bidang logistik untuk mewujudkan visi KBS menjadi Port Centric Integrated Logistics Company yang menerapkan konsep Green & Smart Port” ujar Alugoro.

Alugoro, diakhir sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Karyawan PT KBS atas perolehan kinerja perusahaan yang baik, “Pendapatan semester 1 di 2019 mencapai 704 Milyar naik 44% dari periode yg sama tahun yang lalu. Sedangkan laba bersih semester 1 sebesar 100,4 Milyar atau meningkat 35% dari tahun sebelumnya. Perolehan ini harus kita kawal untuk dipertahankan” ujar Alugoro.

Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (“PTKS”), Silmy Karim, menyampaikan bahwa pembangunan dermaga ini merupakan bagian dari strategi usaha PTKS dalam mendukung berkembangnya anak usaha. “Inisiatif ini akan meningkatkan performance PTKS secara konsolidasi dan mendukung bisnis inti dari PTKS” ujar Silmy.