Dua Instansi Ini Sinergikan Koordinasi di Bidang Pelayaran -->

Iklan Semua Halaman

Dua Instansi Ini Sinergikan Koordinasi di Bidang Pelayaran

20 Agustus 2019
Jakarta, eMaritim.com - Sebagaimana diamanatkan oleh Pasal 68 dan Pasal 114 pada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, Pelabuhan memiliki peran untuk memberikan manfaat bagi Pemerintah Daerah.

Berdasarkan pada hal tersebut, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang menjalin kerjasama untuk mensinergikan koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang pelayaran.

Jalinan kerjasama tersebut ditandai dengan ditandatanganinya Nota Kesepakatan Bersama antara Ditjen Perhubungan Laut dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang tentang Koordinasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi di Bidang Pelayaran di pada hari ini (20/8) di Jakarta.

Nota Kesepakatan Bersama tersebut ditandatangani oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo selaku Pihak Pertama yang mewakili Kementerian Perhubungan dan Bupati Subang, H. Ruhimat selaku Pihak Kedua yang mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Subang.

"Penandatanganan ini merupakan bentuk saling dukung dan meningkatkan sinergi antara Kementerian Perhubungan dengan Pemerintah Kabupaten Subang dalam melaksanakan tugas dan fungsi kedua belah pihak sehingga lebih berdaya guna dan berhasil guna," ujar Dirjen Agus.

Adapun ruang lingkup Nota Kesepakatan Bersama tersebut meliputi kerjasama penyediaan dan/atau pelayanan jasa terkait kepelabuhanan di Kawasan Pelabuhan Patimban sedangkan pelaksanaannya akan diatur lebih lanjut dengan perjanjian kerjasama.

Dalam hal ini Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Patimban akan sebagai pelaksana untuk bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ditunjuk oleh Pemkab Subang.

Namun demikian Dirjen Agus juga meminta agar semua proses pekerjaan baik persyaratan  administrasi  maupun persyaratan teknis harus tetap dipenuhi.

"Pemerintah Daerah Kabupaten Subang harus menyiapkan semua perangkat sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh Peraturan Perundang-undangan, sehingga semua proses pembangunan complay dan security" tegas Dirjen Agus.

Lebih jauh disebutkan proses penyusunan kerjasama antara KSOP Kelas II Patimban dengan BUMD Kabupaten Subang akan dilakukan mengikuti ketentuan kerjasama pemerintah dengan badan usaha dalam koridor pemanfaatan dan optimalisasi aset negara dengan prinsip adil, transparan dan akuntabel sesuai ketentuan perundang-undangan.

Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama ini diharapkan dapat segera ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama antara KSOP Kelas II Patimban dengan BUMD Kabupaten Subang. Salah satu perjanjian kerjasama yang perlu segera dilaksanakan adalah penyediaan air bersih di kawasan Pelabuhan Patimban dengan prinsip non monopoli, transparan, adil dan berkelanjutan sesuai koridor ketentuan perundang-undangan.

Adapun Nota Kesepakatan Bersama ini rencananya berlaku selama 5 (lima) tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Subang, H. Ruhimat yang akrab disapa Jimat menambahkan bahwa Nota Kesepakatan Bersama ini menjadi langkah awal daerah untuk berkontribusi langsung bagi pembangunan pelabuhan Patimban melalui pemberian kesempatan bagi masyarakat ikut serta secara aktif dan seluas luasnya. 

"Saat inipun kami telah menyiapkan perusahaan khusus yang melibatkan Pemerintahan Kabupaten Subang dan masyarakat yaitu PT. Subang Patimban Jaya, terkait dengan pelaksanaan perjanjian kerjasama dengan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Patimban,” tutup Jimat.

Sebagai informasi, Pelabuhan Patimban merupakan salah satu dari proyek strategi nasional yang banyak mendapat perhatian publik, baik nasional maupun internasional dan merupakan perwujudan dari nawa cita Pemerintah Indonesia. 

Pelabuhan Patimban dibangun Pemerintah bertujuan untuk meningkatkan bisnis pelayaran, mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan mendukung kegiatan bisnis masyarakat.  Untuk itu, Peran serta aktif dan kerjasama yang baik Kabupaten Subang terhadap suksesnya pembangunan dan beroperasionalnya Pelabuhan Patimban, sangat diperlukan untuk mewujudkan cita-cita nasional.