Akibat Peralihan Rute, Pelabuhan Meulaboh Aceh Mengalami Kerugian

Iklan Semua Halaman

Akibat Peralihan Rute, Pelabuhan Meulaboh Aceh Mengalami Kerugian

Senin, 02 September 2019
Ilustrasi
Meulaboh, eMaritim.com – Adanya pengalihan rute pelayaran dari pelabuhan meulaboh ke Sinabang, Pulau Simeulue, Aceh menyebabkan pendapatan asli daerah (PAD) berkurang dan lembaga milik daerah mengalami kerugian.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Romi Masri mengakui dampak pengalihan rute pelayaran dari Meulaboh ke Sinabang, Pulau Simeulue, Aceh menyebabkan pendapatan asli daerah (PAD) berkurang dan lembaga milik daerah mengalami kerugian.

“Biasanya setiap kali ada pelayaran, kita bisa mendapatkan sumber pendapatan asli daerah (PAD) sekitar Rp1,5 juta,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Romi Masri.

Pendapatan tersebut bersumber dari pas masuk pelabuhan, biaya parkir dan sumber pendapatab resmi lainnya seperti kutipan retribusi.

Dampak pengalihan rute akibat cuaca buruk yang melanda perairan Samudera Indonesia di wilayah barat Aceh sejak tanggal 28 Agustus hingga 3 September 2019 tersebut, mengakibatkan calon penumpang harus mengalihkan tujuan keberangkatan mereka dari daratan Aceh ke Pelabuhan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan.

Kondisi ini menyebabkan masyarakat harus menempuh jarak perjalanan sekitar tiga jam dari Aceh Barat ke Kabupaten Aceh Selatan, sehingga warga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk transportasi darat.

Selain pelabuhan, kata Romi, kondisi perekonomian warga di sekitar pelabuhan juga ikut terdampak karena jumlah pembeli ikut berkurang.

“Kita berharap cuaca di laut segera membaik, sehingga pendapatan masyarakat dan penerimaan retribusi daerah dalam tahun 2019 ini bisa terpenuhi,” kata Romi Masri menambahkan.

Pihaknya mengakui target penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) di lembaga yang ia pimpin tersebut masih relatif kecil yakni sekitar Rp120 juta per tahun, pungkasnya. (Sumber: Terkini.com)