Ditjen Hubla Persiapkan Aksi Bersih Laut dan Pantai 2019 -->

Iklan Semua Halaman

Ditjen Hubla Persiapkan Aksi Bersih Laut dan Pantai 2019

02 September 2019
 
Jakarta, eMaritim.com - Aksi Bersih Laut dan Pantai dalam rangkaian perayaan Hari Perhubungan Nasioal (Harhubnas) 2019 kompak dilakukan di seluruh daerah di Indonesia. Seluruh unit pelaksana teknis (UPT) Ditjen Perhubungan Laut (Hubla) RI sudah mempersiapkan aksi bersih laut dan pantai di daerahnya, sesuai kondisi dan kearifan lokal masing-masing.

Kepala KSOP Banjarmasin Capt. Mugen S. Hartoto mengatakan, aksi bersih laut dan pantai di wilayah Banjarmasin, akan dipusatkan  di pantai Siring, Kalimantan Selatan (Kalsel). Persiapan aksi terus disempurnakan bersama pihak terkait di Banjarmasin.

Dikatakan, kini proses persiapan terus berjalan. Di rapat pertama kemarin, kita targetkan bisa melibatkan sampai  500 orang. Seluruh stakeholder pelayaran di Kalsel khususnya di Banjarmasin, siap menyukseskan aksi bersih laut dan pantai  ini.

"Semua stakeholder pelayaran akan dilibatkan,  mulai KSOP Banjarmasin, Dishub Kalsel, Pemprov Kalsel, Kota Banjarmasin,  Pelindo III, APBMI, Alfi/Ilfa,  INSA, agen pelayaran, pelajar/mhsiswa," kata Mugen menjawab BisnisNews.id, Senin (2/9/2019).

Sementara, KSOP Kumai, Kalimantan Tengah Capt. Wahyu Prihanto mengatakan, aksi bersih laut dan pantai di Kumai - Teluk Kumai  akan dipusatkan di Pelabuhan Kumai,  Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Kita (KSOP Kumai)  akan mengerahkan  seluruh pemangku kepentingan sektor pelayaran di Kumai dan Kalteng untuk menyukseskan kegiatan bersih laut dan pantai tahun 2019 ini," kata Capt. Wahyu   kepada BisnisNews.id, Senin.

Para pemangku yang akan terlibat dalam aksi bersih laut itu, antara lain: Terminal Panglima Utar,  Terminal Kalap - Bumiharjo, Terminal Tempenek PT. ASDP,  Terminal TUKS +- 10 Terminal ( Pertamina, CBI, CBU, Wilmar, KSE, dst ). Selanjutnya Terminal Pariwisata, Terminal Perikanan. Terminal DisHub KOBAR,  Terminal TNTP,  Terminal Tanjung KUBU, Tg. Bogam, Tg. Penghujan dan Sungai Sekonyer Wilayah Kerja KSOP Kelas IV KUMAI.

Capt. Wahyu menambahkan,  ratusan orang akan terlibat langsung dalam aksi bersih laut dan pantai di wilayah kerjanya.  "Setiap lokasi sampai 20 orang akan ikut program ini. Selain itu juga melibatkan personel TNI - Polri, Stakeholder, Instansi terkait dan Masyarakat Nelayan, pariwisata serta masyarakat setempat,"  urai  Capt. Wahyu.

Sementara, dari Semarang Jawa Tengah dilaporkan, aksi bersih laut juga disiapkan pihak terkait. Program ini dikoordinasikan Kepala KSOP Tanjung Emas, H. Ahmad Wahid ST, MT.

"Hari ini akan kembali dibahas dalam rapat bersama pihak terkait. Yang asti, KSOP Tanjung Emas bersama pihak terkait akan berpartisipasi dalam aksi bersih laut dan pantai dalam rangka perayaan Harhubnas 2019 nanti," tegas Wahid.