Tes Uji Terap Konverter, Bahan Bakar Kapal Diatas 30GT Nanti akan Diganti BBG

Iklan Semua Halaman

Tes Uji Terap Konverter, Bahan Bakar Kapal Diatas 30GT Nanti akan Diganti BBG

Senin, 30 September 2019

Jakarta, eMaritim.com - Pemerintah melakukan Uji Terap Konverter KIT Diesel Dual Fuel (DDF) untuk Kapal di atas 30 GT dan Transportasi Darat lainnya.  Konverter Kit ini hadir sebagai solusi pengolah BBM menjadi BBG dalam rangka meraih efisiensi biaya bagi nelayan untuk melaut.

"Pengembangan teknologi di sini berupa sistem Diesel Dual Fuel (DDF) memungkinkan mesin kapal menggunakan dua jenis bahan bakar yaitu diesel dan gas, untuk mencapai penggunaan energi yang optimal antara BBG yang memiliki efisiensi tinggi dan diesel yang bertenaga besar," kata Menteri Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)  Mohamad Nasir di Semarang, kemarin.

Dia menyampaikan itu saat memberikan arahan pada acara Uji Terap Konverter KIT Diesel Dual Fuel (DDF) untuk Kapal di atas 30 GT dan Transportasi Darat lainnya di Balai Besar Penangkapan Ikan (BPPI), Kementerian Kelautan dan Perikanan, Semarang, Minggu, sebut @ksop tanjung emas, Semarang.

Acara ini dilaksanakan secara kolaboratif antara Kementerian Ristekdikti, KKP dalam hal ini BBPI sebagai host, serta mitra pengembang dan pengguna teknologi konverter kit. "Jumlah undangan yang hadir sekitar 200 orang dari berbagai pemangku kepentingan."

Uji terap ini dihadiri oleh berbagai institusi mulai dari perguruan tinggi dan industri dari kota Semarang maupun wilayah di Jawa Tengah. Beberapa di antaranya adalah Uundip Semarang, Kemenhub melalui KSOP Semarang,  Pelabuban Tanjung Emas dan lainnya.