Ditjen Hubla Gelar Teknis Penyusunan RKA-KL

Iklan Semua Halaman

Ditjen Hubla Gelar Teknis Penyusunan RKA-KL

Rabu, 23 Oktober 2019
 
Belawan, eMaritim.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia serta mempercepat pemahaman terhadap aspek-aspek yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Belawan menyelenggarakan Bimtek Teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran – Kementerian/Lembaga (RKA-KL).

“Jadikan Bimtek penyusunan RKA-KL ini sebagai sarana untuk sharing, transfer ilmu dan pengetahuan sehingga dapat memberikan bekal pengetahuan dalam penyusunan program dan RKA-KL sesuai kebutuhan masing-masing satuan kerja, mencari jalan keluar atas permasalahan-permasalahan yang timbul dalam penyusunan program dan RKA-KL serta pelaksanaannya, serta tersedianya program kerja yang tepat sasaran dan sesuai kebutuhan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi instansi,” ucap Kepala OP Utama Belawan Jece Julita Piris saat memberikan sambutan di Hotel Harper Wahid Hasyim Medan, Rabu (23/10).

Jece mengatakan, proses kinerja pengelolaan keuangan Kementerian Negara/Lembaga (K/L) tidak terlepas dengan perencanaan, pelaksanaan, serta pengendalian pengelolaan anggaran. Salah satu tahap pelaksanaan perencanaan yang dilakukan oleh K/L dalam mengelola keuangan adalah menyusun Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) yang bertujuan untuk merencanakan penganggaran kebutuhan dana dari berbagai program dan kegiatan di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, Ia menilai bahwa penyelenggaraan bimtek pengelolaan keuangan merupakan suatu hal yang penting untuk dilaksanakan. “Peserta bimtek diharapkan mampu menguasai materi-materi perencanaan, mampu menyusun dan mebuat RKA-KL dan produk perencanaan lainnya, serta memberikan masukan kepada pimpinan mengenai hal hal yang berkaitan dengan perencanaan baik bidang administrasi maupun anggaran pada tahun - tahun yang akan datang,” ujar Jece.

Adapun Peserta Bimtek RKA-KL yang berlangsung selama 3 (tiga) hari dari tanggal 22 s.d. 24 Oktober 2019 ini berasal dari Pegawai Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan sebanyak 30 orang, Pegawai Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan sebanyak 3 orang, Pegawai Distrik Navigasi Kelas I Belawan sebanyak 3 orang.

Diakhir sambutannya, Jece mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi sehingga Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Kerja Dan Anggaran – Kementerian/Lembaga (RKA/KL) dapat terlaksana dengan baik.