Seluruh ABK KM. Mitra Sejahtera yang Tenggelam di Perairan Makassar Selamat -->

Iklan Semua Halaman

Seluruh ABK KM. Mitra Sejahtera yang Tenggelam di Perairan Makassar Selamat

25 November 2019


 
Jakarta, eMaritim.com – Dunia pelayaran kembali mengalami kecelakaan, kapal KM Mitra Sejahtera IX tenggelam di perairan Makassar tepatnya tanggal 23 November 2019 pagi, seluruh anak buah kapal berhasil diselamatkan dan telah dibawa ke kantor Kesyahbandaran Utama Makassar.

KM. Mitra Sejahtera IX merupakan kapal jenis kapal container milik PT. Samudera Raya Indo Line yang berangkat dari Pelabuhan Surabaya menuju  Pelabuhan Kendari Sulawesi Tenggara dengan diawaki oleh ABK sebanyak 15 orang dan membawa barang sebanyak 147 container. Di tengah pelayarannya kapal ini mengalami kecelakaan tenggelam di sekitar perairan Makassar pada hari Sabtu pagi sekitar pk. 07.00 WIT

"Seluruh ABK KM. Mitra Sejahtera IX berhasil diselamat oleh 3 (tiga) kapal yang sedang berlayar di wilayah tersebut masing-masing KM. Sinar Harapan 78 menyelamatkan 7 orang, KM. Mentari Nusantara menyelamatkan 3 orang dan KM. Mutiara Indah  sebanyak 5 orang. Dan seluruh ABK telah di bawa oleh KM. Sinar Harapan dan di jemput oleh Kapal Patroli milik KSU Makassar,  yakni KMP 350 dan sejak tadi malam sudah sampai di Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar". kata Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai,  Ahmad  di Jakarta hari ini, Minggu (24/11)

Kronologis kejadian musibah sendiri terjadi pada tanggal 23 November 2019 sekitar pk. 07.00 WIT KM. SInar Harapan 78 menerima panggilan radio Channel 16 dari KM. Mitra Sejahtera IX yang mengalami kebocoran dan kapal dalam keadaan miring.

KM. Sinar Harapan 78 langsung bergerak mendekat ke lokasi kejadian dan menemukan beberapa muatan container sudah mulai berjatuhan. Begitu juga dengan KM. Mentari Nusantara dan KM. Mutiara Indah yang sedang berlayar di sekitar wilayah tersebut segera membantu melakukan pertolongan khususnya kepada para ABK yang sudah mengapung dengan menggunakan life jacket.

“Akibat kejadian ini kami menghimbau kepada seluruh kapal yang saat ini berlayar melalui perairan Makassar untuk berhati-hati karena adanya beberapa muatan container yang masih mengapung di sekitar perairan akibat tenggelamnya KM. Mitra Sejahtera IX", kata Ahmad.