PT PAL Surabaya Produksi Kapal Selam Canggih Dalam Negeri

Iklan Semua Halaman

PT PAL Surabaya Produksi Kapal Selam Canggih Dalam Negeri

Senin, 20 Januari 2020
Ilustrasi | Istimewa
Jakarta, eMaritim.com - Indonesia, melalui PT PAL Indonesia mampu membuat Kapal Selam yang diberi nama Alugoro. Kapal selam ini bersandar di dermaga Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi dalam rangkaian kegiatan Sea Acceptance Test (SAT).

Kapal selam pertama yang dibangun di dalam negeri tersebut membawa 45 awak kapal.  Kapal ii dianun di PT PAL dan ditangani anak muda profesional di Tanah Air. Satu lagi karya anak bangsa yang membanggakan, kapal selam berteknologi tinggi.

Pemilihan Pelabuhan Tanjung Wangi sebagai tempat bersandar adalah lokasinya yang berdekatan dengan lokasi pengujian SAT. "Pelabuhan Tanjung Wangi memiliki dermaga dengan kedalaman +/- 14 LWS yang merupakan kriteria ideal untuk sandar kapalselam di samping ketersediaan pandu dan tunda kapal," sebut @KementerianBUMN.

Sebelumnya, beberapa kapal pesanan Pemerintah dan TNI/ Polri  bahkan kapal Patroli KPLP  Kemenhub juga berhasil diselesaikan di PAL Surabaya. Kapal-kapal  tersebut  kini telah dioperasikan untuk memperkuat pengamanan wilayah laut Indonesia.

Maju terus PT PAL Indonesia. Bangsa Indonesia bukan hanya pengguna produk teknologi bangsa mau di dunia. PT PAL Surabaya sudah membuktikan, bangsa ini mampu memproduksi alutsista canggih termasuk kapal selam di negeri ini sendiri.