KSOP dan KKP Kumai Periksa Ketat ABK dan Penumpang Kapal

Iklan Semua Halaman

KSOP dan KKP Kumai Periksa Ketat ABK dan Penumpang Kapal

Tuesday, April 21, 2020


Layanan Masih Lancar, Tim KSOP dan KKP Kumai Periksa Ketat ABK dan Penumpang Kapal
Kumai, eMaritim.com  - Kepala KSOP Kumai bersama pihak terkait di pelabuhan mengaplikasikan protokol kesehatan khususnya kepada kapal, penumpang dan barang yang akan berangkat atau datang ke Kumai. Langkah itu diterapkan guna mencegah penyebaran virus corona (covid-19) di Kumai dan Kalimantan pada umumnya.

Tim KSOP Kumai bersama petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kumai turun ke lapangan dan memeriksa setiap kapal dan penumpangnya.  Selama dua hari terakhir, ditemukan 11 orang dengan suhu tubuh diatas normal dan masuk kategori orang dalam resiko (ODR) sesui rekomendasi tim KKP.

"Sejauh ini, kedatangan atau keberangkatan kapal di Kumai menuju ke pulau Jawa seperti Pelabuhan Tanjung Emas,  Tanjung Perak dan lainnya masih berjalan seperti biasanya," kata Kepala KSOP Kumai Capt Wahyu Prihanto menjawab pertanyaan media Selasa (21/4/2020).

Oleh karenanya, lanjut Capt. Wahyu, aparat gabungan langsung melakukan  aksi  pengecekan suhu tubuh, kepada anak buah kapal (ABK) dan penumpang yang dibawanya.

Sebagai contoh, Sabtu (18/4/2020), pemeriksaan ketat dilakukan di KM. Kirana III, tujuan Pelabuhan Tanjung Perak. Kapal dengan rute  Surabaya - Kumai berangkat dari Surabaya Sabtu pukul  10.30 WIB Tibadan tiba di  Kumai Minggu (19/4/2020)  pukul 14.05.

Sementara, Team Posko Covid-19 Pelabuhan Kumai dari unsur terkait, seperti  Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP),  TNI-Polri, Kantor KSOP Kumai,  PT. Pelindo III Kumai dan perwakilan petugas PT. DLU Cabang Kumai.

Dari manivest kapal yang dietrima KSOP Kumai,  menurut Capt. Wahyu KM Kirana III membawa penumpang 35 orang dewasa, anak-anak   8 jiwa dan bayi 1 jiwa. Sementara, awak kendaraan 24 orang.

Selain itu, papar Capt Wahyu,  ABK sebanyak  30 orang, dan kru pengikut sebanyajk 17 orang, atau totalnya mengangkut 118 orang.

Lebih lanjut, terang Capt Wahyu, KM Kirana III membawa kendaraan Gol IIA:  2 unit, Gol IIIA : 2 unit, Gol IIIB : 2 unit Gol IVA : 2 unit, Gol VB  : 12 unit.

Sebaliknya, KM. Kirana III kembali bertolak dari  Kumai - Surabaya Sabtu (19/4/2020) pukul 18.00 local time (LT). Jumlah penumpang tercatat, dewasa 167  orang, anak-anak   9 orang, dan bayi  4 orang.

Selain itu, ada awak kendaraan 8 orang, dan ABK atau kru Kapal  30 orang dan kru pengikut 17 orang. Jadi, total penumpang yang dibawa KM Kirana III sebanyak 235 orang.

Capt Wahyu menambahkan, dari hasil dari kegiatan terdapat 11 orang yang mempunyai suhu tubuh diatas normal.  Pada tahap awal, ditemuka beberapa orang dengan suhu tingggi. Tapi, setelah istirahat 10 menit, diperiksa lagi sudah normal.

Namun jika belum turun, tambah Capt. Wahyu, akan diberikan surat pengantar oleh KKP untuk periksa kesehatan di tempat tujuan.  "Selain itu, KKP Kumai menghimbau untuk melakukan Karantina mandiri selama 14 hari di tempat masin-masing, serta mengurangi kontak fisik dengan orang sekitar dan perbanyak istirahat," tegas Capt. Wahyu.