Ramadhan 2020, PELNI Optimalkan Transportasi Logistik Ke Daerah -->

Iklan Semua Halaman

Ramadhan 2020, PELNI Optimalkan Transportasi Logistik Ke Daerah

19 April 2020
Istimewa
Jakarta, eMaritim.com - PT PELNI berkomitmen untuk tetap memaksimalkan pelayanan, kapal-kapal penumpang yang  untuk angkutan logistik ke seluruh wilayah Indonesia, terutama untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat menjelang Bulan Suci Ramadhan 1441 H dan Lebaran Tahun 2020. Saat ini, sekitar 50% kapa PELNI mempunyai space untuk mengangkut Petikemas dan itu bisa dioptimalkan untuk angkutan logistik ke berbagai daerag=h di Tanah Air.  

Terkait  penutupan sejumlah pelabuhan di Indonesia, Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero), Yahya Kuncoro menjelaskan, kini beberapa daerah menutup pelabuhan untuk kegiatan naik turun penumpang. Namun masih memperbolehkan kapal-kapal PELNI untuk mengangkut barang dan diizinkan melakukan kegiatan bongkar muat logistik di daerahnya.

"Sekitar 50% kapal penumpang PT PELNI  memiliki ruang untuk mengangkut muatan container baik itu dry ataupun reefer container, angkutan general cargo dan beberapa kapal bisa mengangkut kendaraan. Potensi ini kami maksimalkan pengangkutan logistik sehingga kebutuhan barang di daerah, khususnya Indonesia Timur dapat terpenuhi," terangnya.

Sebagai BUMN transportasi laut, kata Yahya, Kapal PELNI menjadi tulang punggung ketersediaan logistik nasional, PELNI tetap berkomitmen mengoperasikan kapal-kapalnya untuk membantu pemerintah daerah dan masayarakat dalam distribusi logistik nasional. 

"PELNI siap mengoperasikan kapal-kapalnya secara bergantian ke beberapa daerah yang tetap membuka pelabuhanya, terutama untuk angkutan barang dan sebagain kecil angkutan orang bagi daerah yang mengijinkan penumpang turun," jelas pejabat PELNI itu lagi.

Jual Tiket Maksimal 50%

Selain itu, menurut Yahya, pada sisi transportasi penumpang, sebagai upaya dalam mengurangi penyebaran Covid-19, sejak 4 April 2020 Manajemen PELNI telah mengambil keputusan untuk menjual tiket maksimal 50% dari kapasitas seat terpasang pada masing-masing kapal. 

"Keputusan tersebut diambil sebagai tindaklanjut atas surat yang dikeluarkan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut perihal Optimalisasi Operasi Kapal PSO Penumpang dan Perintis di Masa Karantina Wilayah Akibat Covid-19. Hal tersebut dilakukan agar physical distancing bagi penumpang," papar Yahya.

Lebih lanjut Yahya menjelaskan bahwa Manajemen akan memberikan batasan ruang gerak bagi para penumpang. "Demi keamanan dan kenyamanan bersama serta guna meminimalisir interaksi antara petugas dengan penumpang, maka Manajemen akan menerapkan kebijakan bagi penumpang untuk diberikan akses pada deck tertentu saja," tambahnya.

Selain itu, sebagai salah satu upaya dalam meminimalisir penyebaran Covid-19, Manajemen juga mewajibkan seluruh calon penumpang yang akan berpergian dengan Kapal PELNI untuk dapat menyertakan surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fankes) setempat.

Sejalan dengan kebijakan pemerintah, mulai 12 April 2020 PELNI mewajibkan seluruh penumpangnya untuk menggunakan masker selama berada diatas kapal. PELNI secara konsisten menjalankan pengukuran suhu tubuh bagi seluruh penumpang sebelum naik ke atas kapal. 

"Perusahaan juga melakukan penyemprotan disinfektan pada seluruh kapalnya secara berkala, serta menerapkan physical distancing bagi para penumpang dengan mengatur jarak antar penumpang sejauh 1 - 2 meter baik itu pada nomor bed maupun saat mengantri makan," terang Yahya.

Begitu pula dengan hand sanitizer yang telah disediakan pada setiap dek penumpang, sabun cuci tangan di setiap toilet, pemberian masker bagi penumpang yang sakit di tengah perjalanan, serta memberikan himbauan mengenai kesehatan melalui pengeras suara setiap tiga jam.