Indonesia Perlu Infrastruktur Khusus LNG, Ini Alasannya -->

Iklan Semua Halaman

Indonesia Perlu Infrastruktur Khusus LNG, Ini Alasannya

19 Mei 2020
Detil Angkutan LNG | HITS
Jakarta, eMaritim.com - Pemanfaatan Liquefied Natural Gas (LNG) atau gas alam cair untuk dalam negeri masih sedikit padahal potensinya besar. Para kontraktor migas khususnya LNG nasional termasuk PT Pertamina dan KKKS lainnya justru lebih banyak dijual ke luar negeri. Hanya sebagian kecil untuk konsumsi domestik, karena masih  terbatas terutama PLTGU, dan industri tertentu di Tanah Air.

Ketua Kompartemen Industri Gas Bumi dan Perminyakan Bidang Perdagangan, Perindustrian, ESDM Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Ainun Rochani mengatakan, pengusaha bisa mencermati peluang pemanfaatan LNG skala kecil. Tidak melulu, pemanfaatan LNG hanya untuk skala besar seperti pembangkit listrik.

"LNG ini identik dengan pasokan besar menggunakan pasar besar, konsumennya juga besar. Padahal LNG bisa dipakai untuk skala kecil," ujar Ainun, seperti keterangan tertulisnya di Jakarta, (19/5/2020).

Ditegaskannya, peluang bisnis ini bisa dicermati dan digeluti pengusaha yang memiliki modal atau investasi yang cukup. Ada peluang besar LNG disalurkan sebagai pengganti elpiji yang notabene-nya, Indonesia masih menjadi pengimpor. Sementara itu, untuk gas alam cair atau LNG, Indonesia justru lebih banyak mengekspor ketimbang pemanfaatan dalam negeri.

"Misalnya di satu kota seperti Bandung yang tidak memiliki sumber dari sumur gas untuk sektor rumah tangga. Investasi virtual pipeline LNG terintegrasikan dengan membangun jaringan gas (Jargas) di sektor tersebut dengan LNG. Penggunaan LNG diharapkan bisa ditiru yang lain," ucap Ainun lag.

Disuplai dari Lapangan Marginal

CEO PT Aico Energi itu juga menegaskan bahwa suplai LNG bukan hanya dari Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim) yang menjadi supplier terbesar LNG selama ini. Namun, untuk pengembangan LNG skala kecil juga bisa berasal dari lapangan gas marjinal.

"Pasokan LNG tidak melulu dari Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim). Ada teknologi liquefied natural gas skala kecil, mikro gas di lapangan marjinal," ungkap pengusaha muda itu.

Seiring meningkatkan kebutuhan gas di dalam negeri, lanjut Ainun, Indonesia memerlukan infrastruktur. Hal ini untuk mendistribusikan gas alam cair atau LNG ke seluruh wilayah. Salah satu yang menjadi prioritas pembangunan infrastruktur ini adalah kawasan Indonesia Timur. Di daerah tersebut nantinya akan dikembangkan pipa gas virtual untuk mendistribusikan gas dari dan ke wilayah terpencil.

"Kami perlu membangun lebih banyak infrastruktur untuk mendukung kebutuhan yang meningkat ini. Pada masa lalu, Indonesia memang lebih banyak mengekspor LNG ke luar negeri. Namun, sejak 2011, penggunaan LNG untuk pasar dalam negeri Indonesia melampaui volume yang diekspor," tandas Ainun.