Pelindo I dan FK PUSPA Bangun Kampung Wisata Ramah Anak di Belawan -->

Iklan Semua Halaman

Pelindo I dan FK PUSPA Bangun Kampung Wisata Ramah Anak di Belawan

Thursday, June 11, 2020
Pelindo I Bersama Mitranya Bangun Kampung Wisata Ramah Anak di Belawan
Belawan, eMaritim.com - PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I)  serius mengembangkan kampung wisata ramah anak di Lingkungan XII Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Medan.   Kampung Wisata Ramah Anak ini, dibangun Pelindo 1 bersama mitranya Forum Komunikasi Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan (FK PUSPA) telah melakukan program kegiatan penghijauan melalui pertanian hidroponik, menyediakan fasilitas rumah baca.

Selanjutnya, mengembangkan program usaha ternak lele dan batik daun ecoprint, dan program layanan kesehatan termasuk untuk penanggulangan Covid-19.

Pelindo 1 juga membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kampung Wisata Ramah Anak sebagai upaya pengembangan masyarakat untuk lebih peduli dalam membangun kampungnya sebagai kampung wisata yang kemudian mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Deklarasi Pokdarwis ini dihadiri oleh VP Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Pelindo 1 Fatimah Zuhra, VP Public Relations Pelindo 1 Fiona Sari Utami, Lurah Belawan Bahari Sonang Saing, dan Ketua FK PUSPA Sumatera Utara Misran Lubis.

“Kampung Ramah Anak di Belawan Bahari ini memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata di kota Medan, khususnya untuk daerah Belawan. Sehingga Pelindo 1 hadir untuk mendukung kampung ini menjadi kampung wisata dengan membangun sarana juga mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) di kampung ini salah satunya dengan membentuk Pokdarwis,” terang VP PKBL Pelindo 1, Fatimah Zuhra.

Fatimah Zuhra menjelaskan bahwa pengembangan kampung ini akan dilakukan dengan menata kawasan ini sebagai destinasi wisata bahari dengan menyiapkan tenaga pemandu yang kompeten, memanfaatkan sumber daya alam untuk dijadikan cendera mata dan kuliner, menyediakan layanan transportasi seperti perahu untuk mengitari sungai, serta edukasi dengan menyediakan homestay agar para wisatawan dapat melihat aktivitas dan kehidupan masyarakat sekitar.

“Pelindo 1 akan terus membina dan mendampingi Pokdarwis yang baru saja dibentuk. Kami juga akan memberikan pelatihan kepada para pengurus Pokdarwis seperti mengembangkan batik daun, kerajinan kulit kerang, bahkan digital marketing untuk memasarkan produk dan kampung ini."

"Harapannya, Pokdarwis ini mampu menjadi contoh bagi semua masyarakat di sini untuk terampil dalam mengelola kampungnya sebagai kampung wisata sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat,” terang Fatimah Zuhra.

Lurah Belawan Bahari,  Sonang Siang menjelaskan bahwa pengembangan kampung ini menjadi kampung wisata disambut baik oleh masyarakat. “Kami sangat bersyukur Pelindo 1 turut mendukung memajukan kampung ini dengan membangun sarana prasarana serta membentuk dan membina Pokdarwis."

"Kami berharap dengan kampung ini menjadi kampung wisata akan banyak mengundang wisatawan sehingga bisa memicu pengembangan perekonomian masyarakat ke depannya,” terang Sonang Siang.

Juara III PKK Kota Medan

Kampung ramah anak di Bahar Belawan ini pernah memperoleh penghargaan Juara III PKK Kota Medan dan penganugerahan kampung wisata ramah anak Sumatera Utara.

VP Public Relations Pelindo 1 Fiona Sari Utami menambahkan bahwa dukungan Pelindo 1 dalam mengembangkan kampung wisata ramah anak ini menjadi salah satu wujud kepedulian Pelindo 1 melalui program Bina Lingkungannya.

“Pelindo 1 terus berkomitmen untuk terus memajukan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah kerjanya, khususnya wilayah Belawan. Harapannya, kemajuan Pelindo 1 akan selalu diiringi dengan meningkatknya kesejahteraan masyarakat,” tutup Fiona Sari Utami.