Angkatan Laut India dan Indonesia Adakan Latihan Bersama di Laut Arab -->

Iklan Semua Halaman

Angkatan Laut India dan Indonesia Adakan Latihan Bersama di Laut Arab

Reporter eMaritim.Com
19 Februari 2021
Foto ilustrasi KRI Bung Tomo

Angkatan laut India dan Indonesia melakukan latihan militer bersama di laut Arab pada hari Kamis untuk meningkatkan interoperabilitas operasional dan kerja sama secara keseluruhan. Kapal angkatan laut India INS Talwar dan korvet multiperan Angkatan Laut Indonesia KRI Bung Tomo melakukan Passage Exercise ( PASSEX ) di Laut Arab.


Seperti dilansir dari The Economic Times, kerja sama maritim India dengan Indonesia dilakukan karena adanya momentum baru dalam beberapa tahun terakhir ini.


Terlepas dari pandemi virus corona, Angkatan Laut India ikut serta dalam latihan maritim dalam beberapa bulan terakhir dengan sejumlah negara, antara lain Jepang, Rusia , Australia , dan AS.


Pada bulan November, India menjadi tuan rumah latihan Malabar , yang diikuti oleh angkatan laut AS, Jepang, dan Australia. India mengundang Australia untuk latihan, secara efektif menjadikannya latihan oleh semua negara anggota Quad .

Quad, yang terdiri dari India, AS, Australia, dan Jepang, bertujuan untuk memastikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka , dimana di wilayah tersebut diketahui adanya peningkatan aktifitas militer China dalam beberapa tahun terakhir.