Penambang Brazil Sewa Kapal Curah Raksasa 325ribu DWT Propulsi Layar Milik Perusahaan Pan Ocean Korea -->

Iklan Semua Halaman

Penambang Brazil Sewa Kapal Curah Raksasa 325ribu DWT Propulsi Layar Milik Perusahaan Pan Ocean Korea

Ananta Gultom
15 Mei 2021

 

Ilustrasi gbr: Kapal Milik Pan Ocean

Kapal terbesar hingga saat ini memiliki kit propulsi angin yang dipasang di geladaknya. Kapal baru milik perushaan pelayaran Korea Selatan Pan Ocean Zhoushan  berbobot 325.000 dwt Sea Zhoushan , akan disewa ke penambang Brasil, Vale,.


Kapal Curah raksasa tersebut menggunakan lima layar rotor Norsepower putih setinggi 25 m melintasi deknya yang luas.


Layar rotor dapat dimiringkan dengan menggunakan silinder hidrolik. Solusi ini sepenuhnya otomatis dan mendeteksi kapan pun angin cukup kuat untuk menghasilkan penghematan bahan bakar dan emisi dan layar akan berkembang secara otomatis pada point tertentu .



Pabrikan layar, Norsepower, mengklaim bahwa kapal baru tersebut akan menikmati peningkatan efisiensi hingga 8% dan pengurangan konsekuen hingga 3.400 ton CO2 per tahun. 


Menurut perkiraan Splash , peralatan yang dipasang akan menghasilkan penghematan bahan bakar lebih dari $ 500.000 setahun berdasarkan harga VLSFO Rotterdam hari ini.


Rotor angin lebih lanjut kemungkinan akan dipasang juga di kapal lain yang dikontrak oleh penambang Brasil.

 

Rodrigo Bermelho, manajer teknis perkapalan di Vale, mengatakan bahwa jika pilot dengan Sea Zhoushan terbukti efektif, setidaknya 40% armada charter jangka panjang Vale dapat menggunakan teknologi tersebut, yang akan mengakibatkan pengurangan hampir 1,5% Emisi transportasi laut bijih besi tahunan Vale.

Mengomentari pemasangan, Tuomas Riski, CEO Norsepower, berkata: “Memasang layar rotor kami pada VLOC pertama menunjukkan bahwa teknologi kami dapat beradaptasi di berbagai profil operasional dan jenis kapal. Karena operator kapal dan penyewa berusaha untuk menghilangkan karbon, nilai penggerak angin untuk retrofit dan kapal baru tidak dapat disangkal. ”( sumber Splash247. Com)