Pasokan PLN Terpenuhi, Indonesia Lanjutkan Expor Batubara -->

Iklan Semua Halaman

Pasokan PLN Terpenuhi, Indonesia Lanjutkan Expor Batubara

Ananta Gultom
11 Januari 2022

 


Indonesia minggu ini secara bertahap akan melanjutkan ekspor batu bara yang digunakan untuk menghasilkan listrik, seorang pejabat senior pemerintah mengatakan Senin, ketika Filipina bergabung dengan negara-negara lain dalam menekan Jakarta untuk mencabut larangan pengiriman asing.


Dikutip dari Enarnews. Org, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), yang melaporkan kekurangan batu bara, sekarang memiliki pasokan yang cukup untuk bertahan hingga Januari, kata Luhut Pandjaitan, menteri koordinator bidang kelautan dan investasi.


“Sekitar belasan kapal yang sudah diisi batu bara dan sudah diverifikasi akan dilepas malam ini,” kata Luhut kepada wartawan usai pertemuan dengan pejabat lainnya. "Ekspor akan dilanjutkan secara bertahap mulai Rabu."


Pada 31 Desember, pemerintah memutuskan untuk menghentikan ekspor batu bara pada Januari setelah produsen lokal gagal memenuhi kewajiban mereka untuk memasok setidaknya seperempat dari produksi mereka untuk kebutuhan dalam negeri.


Asosiasi Produsen Batubara Indonesia (APBI) menilai kebijakan yang dikenal dengan istilah Domestic Market Obligation ini tidak adil karena mengharuskan produsen menjual batubara kepada PLN di bawah harga pasar global.


“Bukannya kita ingin mengubah DMO, tapi juga harus disesuaikan agar pemasok terpacu untuk patuh,” kata Direktur Eksekutif APBI Hendra Sinadia kepada BenarNews.


Baca selanjutnya >>>