Rilis Resmi Corps Alumni Bumi Seram Atas Penahanan Surya Hidayat di Yaman -->

Iklan Semua Halaman

Rilis Resmi Corps Alumni Bumi Seram Atas Penahanan Surya Hidayat di Yaman

10 Januari 2022

 


Berita penahanan warga negara Indonesia di Yaman oleh milisi Al Houthi menjadi trending topik di berbagai media. Adalah Surya Hidayat, Chief Officer MV Rwabee (jenis LCT) yang berasal dari Makassar, tepatnya seorang perwira pelayaran niaga lulusan dari Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar angkatan 26 (PIP Makassar).

Untuk mendapatkan informasi akurat dari sumber terpercaya, eMaritim.com menghubungi Capt. Agus Salim M.Mar selaku ketua Corps Alumni Bumi Seram (CABM) yang merupakan organisasi resmi alumni PIP Makassar (dahulu BPLP). Dari informasi yang didapat, sejauh ini usaha-usaha yang dilakukan CABM dalam menempuh jalur birokrasi untuk memulangkan Surya Hidayat cukup komperhensif. Selanjutnya Capt Agus Salim meminta semua pihak untuk  tidak memberitakan sesuatu yang tidak bersumber dari CABM, karena pihak keluarga akan memberikan surat kuasa pengurusan pemulangan Surya Hidayat dari Yaman ke Indonesia kepada CABM. Berikut adalah rilis resmi Corps Alumni Bumi Seram atas kronologi yang terjadi;

Tanggal 7 January 2022;
Informasi diterima tentang ditahannya kapal LCT RWABEE oleh Pihak Milisi Al Houthi Yemen.

Tanggal 8 January 2022;
1. Mendapatkan konfirmasi bahwa salah satu crew (Chief Officer) yang bernama Surya Hidayat adalah Alumni CABM (PIP Angkatan 26) yang berdomisili di Makassar.
2. Menghubungi PT Tivas Marine Service sebagai crew agency di Jakarta, untuk menanyakan kebenaran berita di atas.

Tanggal 9 January 2022;
1. Koordinasi CABM dan pembentukan Task Force untuk koordinasi dan pengurusan pemulangan Saudara Surya Hidayat.
2. Mengundang istri Saudara Surya Hidayat dalam koordinasi meeting (on-line), istri beliau mengkonfirmasi terkait kondisi terakhir dimana seluruh crew kapal telah dipindahkan dari kapal ke penampungan portacamp di darat di daerah Yemen.
3. Sesuai percakapan antara saudara Surya Hidayat dengan Istrinya, dimana ke Kondisi seluruh crew dalam keadaan baik dan kebutuhan dasar terpenuhi.
4. Pengumpulan document-dokumen yang perlukan untuk pelaporan ke Kementerian Luar Negeri dan Kementerian terkait lainnya:
- Passport (lama)
- Copy No Passport baru – C 8126301
- Pass Photo
- Buku Nikah
- KTP Suami Istri
- Kartu Keluarga
- Ijazah ANT III & Diploma IV
- Alamat Crew Agency di Jakarta 
- Alamat vessel owner, Khalid Faraj Shipping, Building No. C -142, Al Nahyan Street, Muroor, Abu Dhabi, UAE 995

Tanggal 10 January 2022;
1. Koordinasi meeting dengan IKPPNI Jakarta terkait rencana pelaporan kasus diatas ke Kementrian Luar Negeri Jakarta. IKPPNI bersedia untuk mendampingi CABM.
2. Meminta surat kuasa ke pihak keluarga (Istri) Surya Hidayat Ibu Sri Rahayu.
3. Rencana pelaporan akan dilaksanakan tanggal 12 Januari 2022 setelah mendapatkan Surat Kuasa dari Istri Saudara Surya Hidayat.

Tanggal 11 January 2022;
1. Meminta copy agreement ke Agency (PT Tivas Marine Service) sebelum ke KeMenLu.
2. Meminta update/ koordinasi dengan Agent tentang status crew Surya Hidayat.

eMaritim.com mengajak semua masyarakat maritim Indonesia, khususnya para pelaut untuk mendoakan keselamatan Surya Hidayat dan mempercayakan penanganannya kepada Corps Alumni Bumi Seram untuk selanjutnya berkordinasi dengan pihak-pihak yang dibutuhkan.