10 Perkembangan Teknologi Terbaru Di Dunia Pelayaran, Siapkah kita 2045 ? -->

Iklan Semua Halaman

10 Perkembangan Teknologi Terbaru Di Dunia Pelayaran, Siapkah kita 2045 ?

Ananta Gultom
23 Februari 2023

 Jakarta 23/02/2023 - Teknologi terbaru dalam dunia perkapalan dan pelayaran terus berkembang pesat dan tidak dapat terhindarkan dalam 10 tahun kedepan.

Perkembangan teknologi tersebut yang harus segera diantisipasi kalau tidak mau tertinggal tentunya memberikan banyak manfaat bagi industri perkapalan dan pelayaran, termasuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan keberlanjutan dalam menuju Indonesia sebagai negara maju 2045.


Beberapa teknologi terbaru yang sedang berkembang dan dipakai oleh industri perkapalan dan pelayaran adalah sebagai berikut:


1.Kapal otonom. 

Teknologi ini memungkinkan kapal untuk beroperasi tanpa awak manusia di atasnya, sehingga dapat mengurangi biaya operasional dan risiko kecelakaan.

ilustrasi: yankodesign


2. Big data dan analitik - Teknologi yang memungkinkan pengumpulan, analisis, dan pengambilan keputusan berdasarkan data besar dan kompleks yang dikumpulkan dari berbagai sumber di sektor perkapalan.


3. Internet of Things (IoT) - Teknologi yang memungkinkan pengumpulan dan pengiriman data secara langsung dari peralatan dan sistem kapal ke sistem informasi di darat.



4. Blockchain - Teknologi yang memungkinkan pencatatan transaksi di dalam rantai pasokan secara aman, transparan, dan terdistribusi, mengurangi risiko kecurangan dan kekeliruan data.


5. Augmented reality - Teknologi yang memungkinkan pengguna untuk melihat dunia nyata dengan tambahan elemen virtual yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas di lingkungan kerja perkapalan.


6. Drones - Teknologi pesawat tanpa awak yang digunakan untuk survei dan pemantauan kondisi lingkungan di sekitar kapal.


7. Advanced materials - Penggunaan bahan material baru yang lebih ringan, tahan lama, dan ramah lingkungan untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja kapal.


8. Fuel cells - Teknologi yang memungkinkan penggunaan bahan bakar yang lebih bersih dan efisien dalam pengoperasian kapal.


9. Artificial Intelligence (AI) - Teknologi yang memungkinkan sistem otomatis untuk melakukan tugas yang kompleks, seperti pengambilan keputusan, analisis risiko, dan manajemen data.

ilustrasi foto: shipbuilder. nl

10. Augmented crew - Penggunaan teknologi wearable dan sistem informasi yang terintegrasi untuk membantu awak kapal dalam melakukan tugas-tugasnya secara lebih efisien dan aman.


Diharapkan Indonesia saat ini tentunya mempunyai sebuah Lembaga Development yang khusus mengkaji dan mengantisipasi pesatnya perkembangan teknologi ini dalam membantu meningkatkan efisiensi, keamanan, dan keberlanjutan di sektor perkapalan dan pelayaran dimasa mendatang. ( AG )


Sudah siapkah kita ?