Mandatory Maritime Single Window: Satu tahun lagi -->

Iklan Semua Halaman

Mandatory Maritime Single Window: Satu tahun lagi

Ananta Gultom
06 Februari 2023

 

source: safety4sea. com

Hanya tinggal satu tahun lagi sebelum sistem Single Window Pernyataan Maritim 2024 (Maritime Single Window Declaration, MSWD) yang wajib akan diterapkan. MSWD membutuhkan pelaku industri maritim untuk mengirimkan data perjalanan kapal dan beban melalui sistem elektronik tunggal, yang memungkinkan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam prosedur dokumentasi dan inspeksi. Ini akan membantu mempercepat pengiriman barang dan mengurangi biaya. Kepatuhan terhadap MSWD akan diawasi dan diatur oleh IMO dan negara anggota.


Sebagai tambahan dilansir dari laman IMO.org, MSWD bertujuan untuk membantu meminimalkan kesalahan data dan duplikasi, sehingga membuat proses inspeksi dan dokumentasi lebih efisien dan cepat. Ini juga membantu negara anggota dalam memenuhi tuntutan keamanan dan regulasi lingkungan yang semakin ketat.


Penerapan MSWD akan membantu negara anggota dalam mengatasi masalah yang terkait dengan inspeksi dan dokumentasi yang rumit dan memakan waktu, sehingga mempercepat waktu pengiriman barang dan mengurangi biaya. Ini juga akan membantu meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam industri maritim secara keseluruhan.


Dengan hanya satu tahun lagi sampai MSWD menjadi wajib, para pelaku industri maritim harus mempersiapkan diri untuk memenuhi kepatuhan dengan sistem baru ini. ( AG )

#MaritimeSingleWindow


sumber: https://www.imo.org/en/MediaCentre/PressBriefings/pages/Mandatory-Maritime-Single-Window-One-year-to-go-.aspx