Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke Bantah Abaikan Pencarian Kapal MV. Dai Cat 06 yang Hilang di Perairan Indonesia -->

Iklan Semua Halaman

Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke Bantah Abaikan Pencarian Kapal MV. Dai Cat 06 yang Hilang di Perairan Indonesia

Ananta Gultom
23 Maret 2023

 

sumber foto: thevibes. com

Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke

Malaysia, 23/03/2023 - Pernyataan bahwa pemerintah Malaysia mengabaikan operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) untuk mencari kapal kargo berbendera Malaysia yang hilang, MV Dai Cat 06, telah ditolak oleh Menteri Transportasi Anthony Loke. 


Loke menyatakan bahwa lembaga keamanan negara sedang bekerja dengan tekun untuk menemukan kapal dan bahwa biaya bukanlah masalah karena nyawa manusia dipertaruhkan. 


Operasi SAR sedang dilakukan di bawah otoritas otoritas Indonesia karena kapal dilaporkan hilang di perairan Indonesia. Loke telah memerintahkan Departemen Perikanan untuk memantau misi SAR secara ketat dan bekerja dengan Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA) untuk memastikan operasi berlanjut. 


Departemen Perikanan telah memantau pergerakan kapal melalui Sistem Identifikasi Otomatis (AIS), yang mencatat posisi terakhir kapal di sektor 9 Skema Pemisahan Lalu Lintas di sekitar Pulau Mungging, Johor pada tanggal 1 Januari. 


Namun, posisi terakhir yang diterima melalui Beacon Radio Indikator Posisi Darurat (EPIRB) dari MMEA menunjukkan bahwa kapal berada di perairan Indonesia. Pada tanggal 9 Januari, agen kapal melaporkan bahwa kapal kargo yang membawa pipa senilai RM726.205 dan lima anggota kru hilang di perairan Indonesia. (AG)