Ratusan Warga Indragiri Hilir Ikuti Latihan BST Kapal Layar Motor -->

Iklan Semua Halaman

Ratusan Warga Indragiri Hilir Ikuti Latihan BST Kapal Layar Motor

Ananta Gultom
11 Maret 2023

 

ilustrasi foto: https://ppid.riau.go.id/

Sebanyak 315 warga Inhil mengikuti Pendidikan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST - KLM) yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Inhil dan Kantor Kesahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tembilahan pada 10 Maret 2023. 

Peserta yang mengikuti diklat ini terdiri dari nelayan tradisional dan sopir boat. Diklat yang berlangsung selama empat hari ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam bidang pelayaran dan memberikan sertifikasi yang dibutuhkan dalam dunia kerja.


Menurut Kepala Dinas Perhubungan Inhil, Indrawansyah Sarkowi, peserta diklat harus memiliki sertifikat untuk memiliki legalitas dalam dunia kerja yang semakin kompetitif. "Tangguh dan handal saja tidak cukup. Saat ini era-nya kompetensi yang tersertifikasi. Jadi jika tak punya sertifikat maka tak punya legalitas. Karena itu, Diklat ini penting diikuti," kata Indrawansyah.


Selama diklat, peserta diberikan pelatihan tentang ilmu pelayaran, membaca kompas, dan mempelajari cuaca. Pelatihan ini terdiri dari tiga hari teori dan satu hari praktek. Mereka yang telah tersertifikasi akan mendapatkan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 60 Mil tahun 2023, atau kompetensi pelayaran jarak tempuh paling jauh tiga jam.


"Dishub Inhil menyebutnya dengan istilah pelaut handal," kata Indrawansyah saat peninjauan diklat. Menurutnya, diklat ini sangat penting untuk menciptakan pelaut yang handal dan berkompeten dalam dunia kerja.


Diklat ini dipandu oleh Direktur Politeknik Pelayaran Sumatera Barat dan melibatkan Kantor KSOP Kelas IV Tembilahan. Indrawansyah menyampaikan terima kasih atas fasilitas yang diberikan dan berharap kegiatan serupa akan diagendakan kembali pada tahun mendatang. "Diklatnya gratis semua ditanggung oleh DIPA-nya Politeknik Pelayaran Sumatera Barat," ujarnya.


Turut hadir dalam peninjauan diklat Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Inhil Riyanto Musri, Kepala KSOP Kelas IV Tembilahan Capt Suratno, Wakil Direktur I Politeknik Pelayaran Sumatera Barat Abdi Seno, PT Pelindo Cabang Tembilahan Indri Gunawan, dan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tembilahan Iptu Fauzan Hamtama. (AG)