1 ABK Tewas Dan 2 Lainnya Koma Diduga Keracunan Gas Kapal Curah -->

Iklan Semua Halaman

1 ABK Tewas Dan 2 Lainnya Koma Diduga Keracunan Gas Kapal Curah

Ananta Gultom
13 April 2023
Sumber foto: TradeWindsNews. Com

Voice

Seorang awak kapal kapal curah bulker Taiwan ditemukan tewas dan dua orang lainnya dalam kondisi koma setelah diduga keracunan gas. Insiden tragis ini terjadi pada hari Minggu di kapal open-hatch Vigor SW berbobot 32.000 DWT yang berbendera Panama, yang sedang bersandar di Pelabuhan Internasional Nghi Son.


Dilansir dari media TradeWindsNews dan dikutip dari komando penjaga perbatasan Provinsi Thanh Hoa, ketiga korban yang terkena adalah warga negara Tiongkok. 


Insiden terjadi ketika kapal sedang dalam proses bongkar muat dan Nakhoda kapal menemukan tiga anak buah kapalnya tak sadarkan diri. Ketiganya dikenali sebagai Zhuang Lijn (52 tahun), Li Wen Liang (33 tahun), dan Kong Deshan (23 tahun). 


Mereka segera dilarikan ke rumah sakit, namun sayangnya salah satunya kemudian dinyatakan meninggal dunia. Seorang awak kapal lainnya juga mengalami patah tulang rusuk akibat kejadian ini.


Menurut dokter Duong Tat Linh, direktur Rumah Sakit Umum Internasional Hop Luc, kemungkinan korban mengalami keracunan gas hidrogen sulfida. 


Gas beracun ini sering dihasilkan dari pembusukan mikroba bahan organik dalam ketiadaan oksigen, seperti di rawa-rawa, saluran pembuangan, atau ruang muat kapal.


Pihak penjaga perbatasan sedang bekerja sama dengan lembaga lain untuk menyelidiki kecelakaan ini. 


Kapal pengangkut bulk ini dimiliki oleh Shih Wei Navigation dari Taiwan, yang telah dihubungi untuk memberikan komentar mengenai peristiwa ini. Namun, catatan pengawasan kontrol pelabuhan kapal ini sebelumnya telah dianggap baik.