Zelim Scotlandia Buat Kapal Robot SAR Tanpa Awak -->

Iklan Semua Halaman

Zelim Scotlandia Buat Kapal Robot SAR Tanpa Awak

Ananta Gultom
27 April 2023
Foto: Zelim Guardian


Perusahaan teknologi pencarian dan penyelamatan (SAR) asal Skotlandia, Zelim, telah mengembangkan kelas kapal penyelamat cepat Guardian yang dikendalikan oleh teknologi otonomi maritim SM300 dari Sea Machines Robotics.



Hal ini memungkinkan operasi tanpa awak dari kapal dengan menggunakan proses deteksi dan pemulihan korban dari Zelim. Kapal Guardian memiliki panjang 8,5 meter dan dilengkapi dengan produk kontrol jarak jauh SM300 dari Sea Machines, sehingga mampu beroperasi tanpa awak.



Teknologi SM300 dapat mengintegrasikan perangkat keras dan sensor dari sistem propulsi kapal Guardian, sehingga memungkinkan pengendalian kapal sambil menyiarkan situasional awareness secara real-time dan deteksi korban ke pusat kendali jarak jauh di seluruh dunia.



Kapal Guardian yang dikendalikan oleh SM300 dapat meningkatkan kemampuan dalam menangani insiden orang yang jatuh ke air dan memberikan penjagaan dekat untuk operasi di laut lepas. 


Guardian dapat dikerahkan dari kapal yang lebih besar, sehingga menjadi kapal yang pertama kali tiba di lokasi kejadian untuk mengambil korban dan membawanya kembali ke kapal induk. Guardian didesain untuk mengatasi kondisi ekstrem di tengah laut. Ketika beroperasi tanpa awak, kapal ini dapat dikerahkan di kondisi yang biasanya dianggap terlalu berbahaya untuk kapal penyelamat cepat yang dikendalikan oleh awak.


Solusi deteksi SARBox dari Zelim akan membantu pilot jarak jauh dalam mendeteksi dan melacak korban di dalam air, baik siang maupun malam hari, dalam kabut atau kabut tebal. 


Setelah terdeteksi, pilot jarak jauh akan mengirim perintah kepada kapal untuk menuju langsung ke korban menggunakan perangkat lunak SM300 dari Sea Machines. 


Saat itu, Guardian akan menggunakan solusi penyelamatan cepat yang dipatenkan untuk mengambil korban dari air, yang juga dikendalikan menggunakan SM300. Kombinasi teknologi ini memberikan kemampuan unik pada kapal ini dan menjadi yang pertama di dunia dalam industri maritim.


Menurut Doug Lothian, CTO dari Zelim, kehandalan sistem kontrol adalah sangat penting, terutama dalam aplikasi yang berkaitan dengan penyelamatan jiwa. 


Oleh karena itu, ia merasa senang dapat bekerja sama dengan Sea Machines untuk mengontrol kapal penyelamat cepat generasi berikutnya mereka. Sementara itu, Frank Relou, Direktur Penjualan Eropa dari Sea Machines, mengatakan bahwa perusahaan mereka memberikan inovasi bagi industri maritim komersial dan pertahanan global, serta mengapresiasi kesempatan untuk menjadi penyedia otonomi terpercaya bagi Zelim. 


Ia juga menegaskan bahwa proyek ini mengirimkan sinyal jelas bahwa teknologi maritim otonom semakin cepat diadopsi dan diminati oleh operator komersial.