Pasar Kapal Listrik Diharapkan Mencapai $14,9 miliar pada tahun 2030 -->

Iklan Semua Halaman

Pasar Kapal Listrik Diharapkan Mencapai $14,9 miliar pada tahun 2030

Ananta Gultom
08 Mei 2023

 

Photo source: Aarsenshipping.com

Pasar Kapal Listrik diharapkan mencapai $14,9 miliar pada tahun 2030 dari $3,7 miliar pada tahun 2022, dengan pertumbuhan tahunan rata-rata yang luar biasa sebesar 19,7%. Menurut laporan baru dari perusahaan konsultan strategis Delvens, 


Pasar Kapal Listrik Global dikuasai oleh pemain besar seperti ABB, Leclanché S.A., Siemens AG, Wartsila, dan Kongsberg Gruppen.


Laporan yang berjudul "Pasar Kapal Listrik" menemukan bahwa peralihan ke kapal listrik dipercepat karena harga bahan bakar fosil yang tinggi, kemajuan teknologi baterai, dan pembatasan polusi yang lebih ketat. 


Teknologi baterai yang lebih baik membantu perusahaan pelayaran dalam mengurangi biaya, polusi, dan emisi karbon. Inisiatif pemerintah yang bertujuan untuk mengurangi biaya asuransi maritim dan polusi udara di kota pelabuhan juga mendorong penggunaan kapal listrik. 


Kapal listrik memungkinkan perusahaan untuk memikirkan ulang sistem transportasi domestik dan internasional. 


Sebagai contoh, Yara Birkeland, kapal kargo otonom pertama yang sepenuhnya listrik di dunia, akan berlayar pada akhir 2021, menggantikan 40.000 perjalanan truk yang didukung oleh diesel setiap tahunnya. 


Diperkirakan pada tahun 2030, pasar global untuk kapal listrik akan berkembang pesat menjadi $16,2 miliar.


Kebutuhan akan kapal hibrida dan sepenuhnya listrik, seperti feri, yacht, kapal pesiar, kapal kontainer, dan kapal kargo, menjadi pendorong pertumbuhan pasar kapal listrik. 


Perlunya untuk memotong emisi karbon, dorongan untuk transportasi nol emisi, dan perkembangan teknologi penyimpanan energi seperti baterai ion litium adalah faktor penting yang mempengaruhi peningkatan ini. Pasar saat ini dikuasai oleh Eropa. Peran pemerintah dan kerja sama internasional sangat penting dalam mempercepat pertumbuhan pasar kapal listrik.


Berikut adalah lima poin terkait dengan perkembangan terbaru pada kapal listrik dan beberapa proyek teratas yang sedang berjalan:


  • Kapal feri Stena Jutlandica akan dilengkapi dengan sistem baterai 1.000 kWh oleh Stena Line, operator kapal feri, untuk perjalanan antara kota Gothenburg, Swedia, dan Frederikshavn, Denmark.


  • AIDA Cruises, operator kapal pesiar Jerman, telah dilengkapi dengan sistem baterai litium-ion 10.000 kWh oleh Corvus Energy, pengembang solusi penyimpanan energi, yang merupakan sistem baterai litium-ion terbesar yang pernah dikirim ke sebuah kapal.


  • Proyek kapal feri murni listrik Ellen dengan kapasitas baterai 4.300 kWh, yang memakan waktu lima tahun untuk dikembangkan, telah menyelesaikan uji coba selama sepuluh bulan pada bulan Juni.


  • Asahi Tanker, perusahaan transportasi laut Jepang, sedang mengembangkan dua kapal tanker penggerak listrik dengan kapasitas baterai 4.000 kWh yang akan digunakan untuk pengiriman bahan bakar di Teluk Tokyo.


  • Pada tahun 2017, perusahaan China Guangzhou Shipyard memperkenalkan kapal pengangkut kontainer listrik pertama di dunia dengan kapasitas baterai 2.400 kWh dan satu tahun kemudian memasukkannya ke dalam layanan komersial