IMO: Penerapan Perubahan (pintu kedap air, Prosedur Evaluasi Bahaya GESAMP) MEPC Berlaku 1 November 2023 -->

Iklan Semua Halaman

IMO: Penerapan Perubahan (pintu kedap air, Prosedur Evaluasi Bahaya GESAMP) MEPC Berlaku 1 November 2023

Ananta Gultom
26 Juni 2023

 


Penerapan perubahan (pintu kedap air, Prosedur Evaluasi Bahaya GESAMP) MEPC mengadopsi perubahan berikut terhadap:


  • Lampiran I MARPOL dan Kode Internasional untuk Konstruksi dan Peralatan Kapal yang Mengangkut Bahan Kimia Berbahaya Curah (Kode IBC) terkait pintu kedap air, dengan tanggal diperkirakan mulai berlaku pada 1 Januari 2024 dan 1 Juli 2024, masing-masing; dan


  • Lampiran II MARPOL, memperbarui legenda singkat untuk Prosedur Evaluasi Bahaya GESAMP yang direvisi, dengan tanggal diperkirakan mulai berlaku pada 1 November 2023.


GESAMP adalah singkatan dari Group of Experts on the Scientific Aspects of Marine Environmental Protection. 


GESAMP adalah kelompok ilmuwan internasional yang terdiri dari berbagai organisasi, seperti Organisasi Maritim Internasional (IMO), Badan PBB untuk Kelautan dan Sumber Daya Laut (UNESCO/UNEP/FAO/IAEA/WHO/WMO/IAEA/UN/UNIDO), dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 


GESAMP bertujuan untuk memberikan nasihat ilmiah tentang perlindungan lingkungan laut kepada badan-badan internasional yang terkait dengan kegiatan maritim. Salah satu tugas utama GESAMP adalah melakukan evaluasi bahaya dan risiko lingkungan laut yang disebabkan oleh kegiatan manusia, seperti polusi, pembuangan limbah, dan perubahan iklim.

( sumber: IMO.org)