Tahukah Anda Perangkat Elektronik Portable Dilarang Di Anjungan Saat Ber Navigasi -->

Iklan Semua Halaman

Tahukah Anda Perangkat Elektronik Portable Dilarang Di Anjungan Saat Ber Navigasi

Ananta Gultom
20 Juni 2023

Play Untuk Audio Berita

Ilustrasi




Organisasi Maritim Internasional (IMO) telah mengubah Pasal 19 Peraturan Internasional untuk Mencegah Tabrakan di Laut (COLREGs) untuk menjelaskan penggunaan perangkat elektronik di kapal. Amandemen ini akan berlaku mulai tanggal 1 Januari 2024 dan akan melarang penggunaan perangkat elektronik yang mengganggu navigasi aman kapal.



Pasal 19 COLREGs yang telah diamandemen menyatakan bahwa:

"Tidak seorang pun boleh menggunakan perangkat elektronik portabel saat bertugas di jembatan navigasi kapal yang mengganggu navigasi aman kapal."



Amandemen ini mendefinisikan "perangkat elektronik portabel" sebagai "setiap perangkat elektronik yang tidak dipasang secara permanen di anjungan navigasi kapal." 

Hal ini termasuk perangkat seperti laptop, tablet, dan ponsel pintar.



Amandemen ini tidak melarang penggunaan perangkat elektronik untuk tujuan navigasi. Namun, amandemen ini menuntut agar perangkat tersebut digunakan dengan cara yang tidak mengganggu navigasi aman kapal. 


Misalnya, jika seorang perwira kapal menggunakan laptop untuk mengakses peta elektronik, mereka harus memastikan bahwa mereka tidak teralih perhatiannya dari tugas pengawasan mereka.



Amandemen terhadap Pasal 19 ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan navigasi dengan mengurangi risiko tabrakan dan kecelakaan lain yang disebabkan oleh pengawasan yang terganggu. 


Hal ini juga sesuai dengan tujuan IMO untuk mengurangi penggunaan peta kertas dan alat navigasi tradisional lainnya demi sistem navigasi elektronik.


Berikut adalah beberapa perubahan khusus yang akan dilakukan pada Pasal 19 COLREGs:


Definisi "perangkat elektronik portabel" akan diperluas untuk mencakup perangkat seperti laptop, tablet, dan ponsel pintar. 


Larangan penggunaan perangkat elektronik yang mengganggu navigasi aman kapal akan dinyatakan secara tegas. 


Pengecualian penggunaan perangkat elektronik untuk tujuan navigasi akan dijelaskan. Amandemen terhadap Pasal 19 COLREGs merupakan langkah yang baik dalam meningkatkan keamanan navigasi. 


Penting bagi semua perwira kapal untuk memahami perubahan dalam peraturan ini dan mematuhinya.