Arsenio Antonio Dominguez Velasco dari Republik Panama Terpilih sebagai Sekretaris Jenderal Organisasi Maritim Internasional (IMO) 2024 - 2028 -->

Iklan Semua Halaman

Arsenio Antonio Dominguez Velasco dari Republik Panama Terpilih sebagai Sekretaris Jenderal Organisasi Maritim Internasional (IMO) 2024 - 2028

Ananta Gultom
20 Juli 2023

 

Pemerintah Indonesia dengan tulus menyambut pemilihan Arsenio Antonio Dominguez Velasco dari Republik Panama sebagai Sekretaris Jenderal Organisasi Maritim Internasional (IMO) untuk periode 1 Januari 2024 hingga 31 Desember 2028.


Pemilihan Sekretaris Jenderal IMO dilakukan dalam pertemuan Dewan IMO ke-129 di London, Inggris, pada hari Selasa (18 Juli).


Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Indonesia, Arif Toha, yang menjadi delegasi Indonesia dalam pertemuan Dewan IMO ke-129, menyatakan dalam pernyataan yang diterima di Jakarta pada hari Rabu bahwa proses seleksi untuk Sekretaris Jenderal IMO berlangsung ketat dan lancar dalam empat putaran.

Photo source: Antara news


Sebanyak 40 negara anggota dewan IMO memberikan suara mereka kepada enam kandidat untuk posisi sekretaris jenderal, dan dari enam kandidat itu, hanya ada tiga kandidat tersisa di putaran terakhir yang dimenangkan oleh Arsenio dari Republik Panama, dengan perolehan 21 suara dari total 40 suara.


"Dengan 21 suara, Bapak Arsenio dari Panama terpilih sebagai Sekretaris Jenderal IMO mulai 1 Januari 2024. Dengan demikian, Bapak Arsenio akan menggantikan Sekretaris Jenderal IMO, Bapak Kitack Lim, yang masa jabatannya akan berakhir pada 31 Desember 2023," kata Toha.



Ia mengatakan, dengan terpilihnya Arsenio sebagai Sekretaris Jenderal IMO, Pemerintah Indonesia sebagai anggota Dewan IMO tentu berkomitmen untuk terus memberikan dukungan penuh kepada IMO untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran dunia serta perlindungan lingkungan maritim.


"Indonesia dengan tulus menyambut pemilihan Bapak Arsenio dari Panama. Selain memiliki hubungan kerja sama yang baik di sektor perhubungan laut antara Indonesia dan Panama, Arsenio juga merupakan figur yang telah berperan aktif dalam Organisasi Maritim Internasional selama waktu yang lama. Kami yakin bahwa Arsenio akan membawa IMO menjadi lebih baik di masa depan," kata Toha.


Kandidat terpilih, Arsenio, akan resmi dilantik dalam Sidang Umum IMO pada November 2023 yang akan dihadiri oleh 173 negara anggota IMO.


Sementara itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan bertugas melaksanakan kegiatan dan administrasi pemerintahan atau administrasi maritim di IMO di bidang pelayaran sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2022 tentang Kementerian Perhubungan.


Saat ini, Indonesia mencalonkan diri untuk kembali menjadi anggota Dewan IMO Kategori C untuk periode 2023-2024 yang pemilihannya akan dilakukan dalam Sidang Umum IMO pada November 2023.


Untuk mendapatkan dukungan suara, Indonesia melakukan beberapa kegiatan dalam pertemuan Dewan IMO ke-129 di London yang berlangsung pada 17-21 Juli 2023, seperti menyelenggarakan istirahat kopi bagi anggota Dewan IMO, menyelenggarakan pertemuan bilateral, dan mengadakan resepsi makan siang di Gedung IMO di London.


Menghadiri pimpinan delegasi Indonesia dalam pertemuan Dewan IMO ke-129 adalah Duta Besar Indonesia untuk Inggris dan Irlandia serta IMO, Desra Percaya, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Hendri Ginting, perwakilan dari Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Badan Klasifikasi Indonesia, Kedutaan Besar Indonesia di London, dan juga Atase Perhubungan Indonesia di London. ( sumber: Antara News) 

1. Arsenio Antonio Dominguez Velasco from Panama has been elected as the Secretary General of the International Maritime Organization (IMO) for the period from January 1, 2024, to December 31, 2028.


2. The election took place during the 129th IMO Council meeting in London, where Arsenio secured 21 out of 40 votes from member countries.


3. Indonesia warmly welcomes Arsenio's election and pledges continued support to IMO under his leadership to enhance global shipping safety and protect the marine environment.