Kapal Freemantel Highway Bermuatan Mobil Listrik Terbakar Dalam Pelayaran Dari Jerman Tujuan Mesir -->

Iklan Semua Halaman

Kapal Freemantel Highway Bermuatan Mobil Listrik Terbakar Dalam Pelayaran Dari Jerman Tujuan Mesir

Ananta Gultom
30 Juli 2023

 

Video Reuters Youtube

Terjadi kebakaran di kapal Freemantel Highway berbendera Panama yang membawa mobil-mobil baru. 

Dikabarkan seorang anggota kru India meninggal dunia, dan tujuh lainnya terluka setelah  ke laut untuk menyelamatkan diri dari api yang membakar.


Menurut juru bicara K Line (Kawasaki Kisen Kaisha) berbasis di Tokyo, terdapat total 3.783 kendaraan di atas kapal. Di antaranya ada 498 kendaraan listrik bertenaga baterai, tetapi rincian merek mobilnya tidak diungkapkan, sehingga masih ada pertanyaan apakah ada mobil dari produsen Jepang di antara mereka.


Penyebab kebakaran masih misteri, sebagaimana disebutkan oleh coastguard di situs web mereka pada hari Kamis (27 Juli). Namun, ada rekaman yang dirilis oleh Dutch broadcaster RTL yang menampilkan seorang petugas penanganan darurat yang menyebut bahwa api berasal dari baterai mobil listrik.


Insiden ini menimbulkan kekhawatiran tentang keselamatan baterai ion litium kendaraan listrik (EV). Para pejabat maritim dan perusahaan asuransi berpendapat bahwa industri ini belum sepenuhnya mengatasi risiko yang terkait dengan baterai ini, karena baterai ion litium terbakar dengan dua kali energi dari api biasa.


Saat ini, kapal Fremantle Highway yang berukuran 653 kaki (199 meter) masih terus terbakar dan melayang sekitar 17 km dari pesisir utara Belanda. Kapal tersebut sedang dalam perjalanan dari Jerman menuju Mesir ketika kejadian tragis ini terjadi.