Kotoran Sapi Sebagai Bahan Bakar Kapal, Mitsui OSK Line Buktikan -->

Iklan Semua Halaman

Kotoran Sapi Sebagai Bahan Bakar Kapal, Mitsui OSK Line Buktikan

Ananta Gultom
03 Juli 2023

Play Untuk mode Dengar Audio Berita

 


Mitsui O.S.K. Lines berhasil menguji kapal yang menggunakan bahan bakar dari kotoran sapi


Mitsui O.S.K. Lines (MOL), perusahaan pelayaran Jepang, berhasil menguji kapal yang menggunakan bahan bakar yang berasal dari kotoran sapi. 


Pengujian dilakukan pada kapal dengan bobot mati 7.800 ton yang bernama MOL Ecoship. Bahan bakar ini dibuat dari metana yang ditangkap dari kotoran sapi dan kemudian diubah menjadi bentuk cair. 


MOL mengatakan bahwa bahan bakar ini dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dari pelayaran.


Pelayaran uji coba dilakukan di Laut Jepang. MOL Ecoship berlayar selama 12 jam dengan kecepatan 12 knot. Bahan bakar disuplai oleh perusahaan bernama Mitsubishi Heavy Industries.



MOL mengatakan bahwa pengujian ini berhasil. Perusahaan berencana untuk terus menguji bahan bakar ini dan pada akhirnya akan menggunakannya dalam skala komersial.



Penggunaan kotoran sapi sebagai sumber bahan bakar adalah teknologi baru yang menjanjikan untuk industri pelayaran. Pelayaran merupakan kontributor utama emisi gas rumah kaca, dan penggunaan bahan bakar alternatif sangat penting untuk mengurangi emisi ini.



Kotoran sapi adalah sumber daya terbarukan yang melimpah dan mudah didapatkan. Metana yang ditangkap dari kotoran sapi adalah bahan bakar yang dapat terbakar bersih dan dapat membantu mengurangi emisi.



Pengujian yang berhasil oleh MOL merupakan langkah signifikan dalam penggunaan kotoran sapi sebagai sumber bahan bakar untuk pengiriman. 


Rencana perusahaan untuk terus menguji bahan bakar ini dan pada akhirnya menggunakannya dalam skala komersial adalah perkembangan positif bagi lingkungan.