Nusantara Sail 2023 Mulai Pelayaran Menuju Ibukota Baru IKN -->

Iklan Semua Halaman

Nusantara Sail 2023 Mulai Pelayaran Menuju Ibukota Baru IKN

Ananta Gultom
10 September 2023


Indonesia baru-baru ini menjadi tuan rumah acara Nusantara Sail 2023, sebuah pameran penting tentang identitas maritim negara ini dan warisan maritim yang kaya. Acara signifikan ini berlangsung di Jakarta Utara pada hari Sabtu, menarik perhatian pada tradisi maritim yang kaya di Indonesia.


Acara Nusantara Sail 2023 memiliki makna simbolis karena menandai niat strategis Indonesia untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke ibu kota baru, IKN Nusantara, yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. 


Upaya ambisius ini dijadwalkan pada tanggal 17 Agustus 2024, dan peserta memulai perjalanan maritim ini dari berbagai lokasi, termasuk Jakarta, Makassar di Sulawesi Selatan, dan Nunukan di Kalimantan Utara. Perjalanan mereka melibatkan destinasi seperti Pulau Balang, Balikpapan, IKN Nusantara, dan Samarinda.


Pada intinya, acara ini bertujuan untuk menegaskan posisi Indonesia sebagai negara maritim dan negara kepulauan, dengan menekankan keyakinan bahwa laut berfungsi sebagai penghubung bukan pemisah. Ini juga menekankan upaya bersama Indonesia untuk memposisikan Nusantara sebagai pusat maritim global yang penting. 


Selain memiliki signifikansi nasional, acara Nusantara Sail 2023 juga berfungsi sebagai prakondisi untuk Forum Air Dunia ke-10 yang akan datang dan memperingati Hari Maritim Nasional ke-59, yang akan diperingati pada tanggal 23 September 2023.


Pelaut internasional dari Australia, Norwegia, Malaysia, dan Afrika Selatan dengan antusias bergabung dengan rekan-rekan mereka dari Indonesia dalam perayaan maritim ini, yang lebih mengokohkan peran Indonesia di panggung maritim dunia.