Mengenal Jenis Kapal Keruk CSD - Cutter Suction Dredger -->

Iklan Semua Halaman

Mengenal Jenis Kapal Keruk CSD - Cutter Suction Dredger

Ananta Gultom
25 Maret 2023

 

Apa itu Kapal Keruk CSD Cutting Suction Dredger ?

CSD adalah jenis Kapal Keruk hidrolik yang diklasifikasikan dalam kategori yang lebih luas dari hydraulic/mechanical dredgers. 


Kapal Keruk atau Dredger dapat diklasifikasikan menjadi tiga kategori umum berdasarkan metode penggalian dan operasinya: mechanical dredgers, hydraulic dredgers, dan hydrodynamic dredgers.


 Hydraulic dredger menggunakan pompa sentrifugal untuk mengangkut material yang diangkat keluar dari air atau diangkut secara horizontal ke lokasi lain. 


CSD mampu mengeruk berbagai jenis tanah, termasuk pasir, lempung, dan batuan dan digunakan terutama di daerah di mana tanah terlalu keras untuk trailing suction hopper dredger. CSD adalah jenis hydraulic/mechanical dredger yang paling umum.


Operasi kapal keruk Cutting Suction Dredger (CSD) melibatkan kepala pemotong berputar yang dapat memecahkan tanah atau batu keras menjadi fragmen yang lebih kecil. 


Perangkat mekanis ini diposisikan di depan kepala hisap dan berputar mengikuti sumbu pipa hisap. 


Setelah tanah dipotong, pompa dredge akan mengisapnya. CSD mengikuti profil yang telah ditentukan untuk memotong tanah. Material yang sudah di-keruk dapat diangkut ke darat melalui pompa dan pipa apung, atau dimuat ke dalam tongkang hopper yang dipotong menjadi dua dan berlabuh di samping kapal. 


Tongkang hopper dapat mengangkut sedimen yang sudah di-keruk ke lokasi yang ditentukan untuk dibuang. Aksi potong yang kuat dari CSD, yang dikombinasikan dengan hisap, memecah material menjadi potongan yang sesuai ukuran yang kemudian disedot ke dalam pipa dalam bentuk lumpur padat dan air. Pompa yang dipasang pada perangkat struktural yang disebut "tangga," yang membentang ke arah dasar laut, kemudian mengangkat material ke permukaan.


Kapal keruk Cutting Suction Dredger (CSD) diterapkan dalam berbagai skenario, termasuk reklamasi tanah, pendalaman pelabuhan, konstruksi dan perluasan pelabuhan dan saluran navigasi, dan penggalian pipa di dasar laut. 


Biasanya, CSD lebih disukai untuk pengerukan jika jarak antara area pengerukan dan pembuangan relatif lebih pendek, dibandingkan dengan trailing suction hopper dredger. 


CSD adalah jenis kapal keruk yang serbaguna dan dapat mengatasi berbagai jenis tanah dengan efektif, meskipun efektivitasnya pada akhirnya tergantung pada kapasitas pemasangan mekanisme pemotongannya. (AG)


*** Dikutip dari beberapa sumber.